imunisasi vaksin

Penyakit Dapat Dicegah Dengan Vaksin

Penyakit Dapat Dicegah Dengan Vaksin

imunisasi vaksin

Pemberian vaksin disebut juga dengan imuniasasi. Inilah langkah pemberian antibodi dengan tujuan menjaga kekebalan tubuh manusia dari infeksi virus.  Dengan vaksinasi, angka kesakitan pada anak bisa diturunkan. Maka, bagi anak-anak wajib mendapat vaksinasi pada masa tumbuh kembangnya.

Beberapa Penyakit Serius Bisa Dicegah Dengan Vaksin

Ada alasan kenapa sejak kecil, manusia butuh vaksin. Lantaran ada banyak penyakit berbahaya yang mengancam. Jika sudah terjangkiti, maka resiko sembuh sangat kecil. Beberpa contoh penyakit tersebut adalah:

  • TBC

Meski bisa sembuh dengan pengobatan jangka panjang, namun langkah pencegahan penyakit ini jauh lebih mudah  dan efektif. Sebagai pencegahan, maka imunisasi bisa dilakukan.

  • Campak

Penyakit ini  terlihat tidak berbahaya, namun komplikasinya bisa menyebabkan kematian. Maka pencegahan dengan vaksin bisa dilakukan sejak dini.  Pada bayi, penyakit ini mudah sekali menular dengan disertai gejala panas tinggi, radang tenggorokan, diare, dan kondisi gizi yang memburuk

  • Polio

Penyakit akibat virus ini tak kalah berbahaya dari penyakit lain karena bisa menyebabkan cacat dan lumpuh. Imunisasi yang tepat dan teratur bisa mencegah bayi dari penularan virus ini. Lakukan imunisai pada masa awal kehidupan buah hati sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

  • Difetri

Imunsasi DPT efektif mencegah penyakit difetri. Penyait ini menyerang selaput lendir dan juga teggorokan dan bisa mengancam kehidupan seorang anak.

Pemberian imunisasi dimungkinkan diberikan pada usia anak 18 hingga 24 bulan dan pada usianya yang menginjak 5 tahun.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

ten + 14 =

×
Hallo