Pentingnya Vaksinasi Hepatitis A

Hepatitis A merupakan salah satu penyakit hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A. Virus ini menyebar lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi dari tinja penderita hepatitis A. Infeksi virus ini dapat menimbulkan gejala ataupun tidak menimbulkan gejala setelah masa inkubasi (sekitar 28 hari).

Pentingnya Vaksinasi Hepatitis A

Infeksi hepatitis A dapat dicegah dengan vaksinasi yang dilakukan sebanyak dua kali dengan selang waktu 6-12 bulan. Vaksin ini berisi virus hepatitis A yang tidak aktif, yang akan merangsang tubuh untuk membuat antibodi sehingga terbentuk kekebalan aktif.

Vaksin ini diberikan dalam bentuk suntikan dan paling sering dilakukan di lengan atas. Vaksin hepatitis A dipercaya dapat mencegah infeksi hepatitis A setidaknya untuk 20 tahun. Vaksin ini sudah dapat memberikan perlindungan sejak 2 minggu setelah dosis pertama, namun untuk perlindungan yang lebih lama, dibutuhkan dosis kedua pada 6 hingga 12 bulan setelah dosis pertama diberikan. Sekitar 94%-100% vaksin hepatitis A efektif untuk mencegah infeksi hepatitis A jika diberikan dua kali vaksinasi.

Vaksin Hepatitis A diberikan kepada mereka yang berisiko tinggi terkena hepatitis A, yaitu :

  • Mereka yang menggunakan obat-obat terlarang (psikotropika/narkoba) dengan menggunakan jarum suntik.
  • Mereka yang bekerja sebagai pramusaji, terutama mereka yang memiliki makanan yang kurang mendapatkan perhatian akan keamanan dan kebersihan dari makanan itu sendiri.
  • Orang yang tinggal dalam satu pondok atau asrama yang setiap harinya berkontak langsung. Mungkin diantara penghuni pondok asrama memiliki riwayat penyakit hepatitis A.
  • Balita dan anak-anak yang mungkin tinggal dalam lingkungan yang memiliki tingkat resiko yang lebih tinggi akan hepatitis.
  • Seseorang yang suka melakukan oral seks/anal.
  • Seseorang yang teridentifikasi penyakit hati kronis.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

three × 3 =