Hepatitis B imunoglobulin

Pentingnya pemberian Hepatitis B imunoglobulin (HBIG)

Pentingnya pemberian Hepatitis B imunoglobulin (HBIG)

Hepatitis B merupakan jenis penyakit mematikan yang ditularkan oleh virus. Salah satu pencegahannya ialah dengan pemberian Hepatitis B imunoglobulin (HBIG). Namun perlu diketahui bahwa cara pencegahan ini bukanlah jenis vaksin.

Hepatitis B imunoglobulin

Hepatitis B imunoglobulin (HBIG) tidak memberikan perlindungan jangka panjang. Berbeda dengan jenis vaksinasi berupa vaksin Hepatitis B, Twinrix, Recombivax HB, atau Engerix B.

Tujuan Pemberian Hepatitis B imunoglobulin (HBIG)

Hepatitis B imunoglobulin (HBIG) ini dibuat dari plasma darah manusia, merupakan bagian dari darah. Di dalamnya ada kemungkinan terdapat virus maupun infeksi lain. Maka dari itulah, pemberiannya harus dengan saran dari dokter. Hindari resiko yang tidka perlu untuk mencegah tertular penyakit dari tindakan ini.

Hepatitis B imunoglobulin (HBIG) diberikan dengan tujuan untuk mencegah penyakit hepatirtis B pada pasien yang sudah mengalami transplantasi hati. Bisa juga diberikan pada bayi yang baru lahir dari ibu yang memiliki penyakit hepatitis B.

Tindakan ini diharapkan mampu mencegah pasien tersebut terkena hepatitis B pada orang yang sudah terkontaminasi atau karena terkena produk darah dengan orang penderita Hepatitis B.

Seperti dijelaskan di atas bahwa Hepatitis B imunoglobulin (HBIG) bukanlah vaksin. Ketahanannya hanya 14 hari. Pemberiannya sangat hati-hati dan dengan rekomendasi dokter.

Efek samping Hepatitis B imunoglobulin (HBIG)

Seperti halnya pemberian vaksin, pemberian Hepatitis B imunoglobulin (HBIG) bisa menimbulkan beberapa efek samping. Beberapa pasien mungkin akan merasakan beebrapa gejala berikut ini:

  • Adanya peningkatan pada tekanan darah. Hal ini bisa dibarengi dengan sakit kepala, penglihatan yang kabur, dan sulit berkonsentrasi. Ada pula yang disertai dengan gejala nyeri dada hingga mengalami kejang.
  • Mengalami sakit perut pada bagian tertentu
  • Dan beberapa keluhan, seperti mual, demam, hilang nafsu makan, dan juga kulit serta mata menguning.

Beberapa hal di atas adalah efek samping serius. Sendangkan beberapa efek samping ringan dari Hepatitis B imunoglobulin (HBIG) ialah pembengkakan pada wajah, bibir, tenggorokan. Hubungi segera dokter jika mengalami reaksi alergi dan efek samping seperti di atas.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

five × one =