Pentingnya Mengetahui Bahaya Kanker Rahim

kanker rahim

Penjelasan Mengenai Kanker Rahim

Rahim merupakan bagian penting dalam sistem reproduksi seorang wanita. Salah satu penyakit yang dapat menyerang organ ini adalah kanker rahim. Kanker yang sering disebut kanker endometrium ini muncul di bagian organ kewanitaan. Kanker rahim adalah salah satu jenis kanker yang sangat menakutkan dan cukup banyak terjadi pada wanita di zaman sekarang ini. Kanker rahim sulit dideteksi dan baru bisa diketahui pada saat stadium lanjut. Jadi, penting sekali bagi para wanita untuk waspada terhadap penyakit ini.

Penyebab Kanker Rahim

Penyebab kanker rahim belum dapat diketahui secara pasti. Tetapi faktor utama yang dapat meningkatkan resiko penyakit ini adalah ketidakseimbangan hormon tubuh, terutama kadar hormon estrogen yang tinggi, selain itu penyebab kanker rahim juga bisa dikarenakan menopause yang terlambat, terapi penggantian hormone, dan penggunaan tamoksifen jangka panjang.

Gejala Kanker Rahim

kanker rahim

Ciri-ciri kanker rahim baru akan terlihat jelas ketika sudah naik menjadi stadium dua. Pada tahap ini, ciri-ciri yang ditemui pada pasien beragam, mulai dari siklus menstruasi yang tidak berjalan dengan normal, area kewanitaan sering mengeluarkan darah meski tidak sedang menstruasi, sering timbul rasa sakit pada bagian perut atau panggul, sampai sudah menopause tapi tetap mengalami pendarahan atau belum menopause tapi mengalami pendarahan di luar siklus menstruasi.

Cara Mencegah Kanker Rahim

Beragam cara dapat ditempuh untuk mencegah penyakit kanker rahim sejak dini. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengubah kebiasaan atau pola hidup Anda yang kurang baik. Bagi Anda para wanita perokok, sebaiknya segera hentikan atau kurangi kebiaaan tersebut, karena ternyata beberapa kandungan zat aditif di dalam rokok bisa menjadi pemicu munculnya kanker leher rahim atau kanker serviks. Selain itu Anda juga sangat disarankan untuk menjaga kebersihan organ kewanitaan Anda. Saat Anda membersihkan organ kewanitaan pun Anda disarankan untuk mencuci atau memberihkannya dengan air bersih saja.

Nah, demikianlah sekilas informasi mengenai kanker rahim yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membuat Anda lebih bisa memahami segala sesuatu yang berhubungan dengan kanker rahim.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

five × 3 =