Pengertian Vaksinasi dan Pentingnya Untuk Tubuh

Pengertian Vaksinasi dan Pentingnya Untuk Tubuh

pengertian vaksinasi

Vaksin dan imunisasi merupakan kata-kata yang selalu disamakan pengertiannya dan memang secara mudahnya keduanya sama. Pengertian vaksinasi adalah tindakan atau usaha untuk memasukkan cairan vaksin masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi kebal dengan penyakit itu. Contohnya adalah memberikan vaksin DPT untuk mencegah tipus, dipteri dan tetanus.

Pengertian Vaksinasi Baik Untuk Manusia dan Hewan

Definisi atau pengertian vaksinasi yang mengambil kesimpulan dari berbagai macam pendapat para ahli adalah memberikan sebuah cairan vaksin khusus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara aktif dari tubuh seseorang untuk sebuah penyakit tertentu. Pemberian vaksin ini sudah jelas tujuannya yaitu jika terdapat wabah penyakit, maka seseorang yang sudah diberikan vaksin penyakit itu tidak akan mengalami sakit apapun atau menjadi seseorang yang menularkan sakit ini atau jikalau sakit, maka mereka hanya mengalami sakit ringan saja.

Namun pemberian vaksin bukan hanya untuk manusia karena Anda tentu tahu bahwa hewan juga diberikan vaksin namun tentu saja berbeda dengan yang diberikan untuk manusia. Hewan-hewan di dalam kebun binatang maupun penangkaran juga diberikan vaksin. Selain itu, hewan ternak pun juga wajib diberikan vaksin karena bisa bahaya apabila terkena penyakit. Satu hewan ternak yang sakit akan menulari semuanya dan mungkin saja mati atau bisa juga penyakitnya menular kepada manusia.

Definisi vaksin untuk hewan adalah memberikan antigen kepada ternak yang berfungsi untuk merangsang antibodi atau sistem kekebalan tubuh mereka terhadap suatu penyakit tertentu yang mungkin saja disebabkan oleh protozoa, virus atau bakteri. Tujuannya untuk melindungi hewan itu sehingga tidak mengalami sakit dan menulari yang lain. Anda pasti sering sekali mendengar himbauan pemerintah melalui dinas kesehatan tentang pentingnya vaksin sejak dini karena mencegah lebih baik dibandingkan mengobati.

Salah satu cara pencegahan yang memang disarankan adalah melalui vaksin dan lebih baik sejak bayi sehingga vaksin dapat bekerja secara maksimal untuk melindungi. Biasanya proses vaksin juga bertahap namun dalam periode waktu yang berbeda. Setelah mengetahui pengertian vaksinasi, maka Anda juga bisa menyadari pentingnya vaksin khususnya bagi anak Anda.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

twelve + 13 =