PENELITIAN TERBARU: TANPA VAKSIN HEPATITIS B, BERISIKO KANKER

Klinikvaksinasi.com – Lebih dari separuh (51,4 persen) dari orang dewasa di Amerika Serikat berisiko terinfeksi Hepatitis B karena belum divaksinasi. Mereka yang berisiko terinfeksi Hepatitis B memiliki kemungkinan penyakit hati. Mereka yang berbagi jarum suntik saat menggunakan narkoba dan mereka yang terlibat dalam praktek seksual berisiko berisiko terinfeksi virus Hepatitis B dan terserang penyakit hati.

Penelitian Terbaru

Sebuah penelitian mengenai Hepatitis B yang dilakukan oleh para pengamat kesehatan dari Brown University di Providence, Amerika Serikat membuka mata kita bahwa betapa pentingnya vaksinasi Hepatitis B. Mereka menganalisis data dari 15.000 orang dewasa yang ikut dalam Behavioral Risk Factor Surveillance Survey tahun 2007. Studi ini juga menunjukkan bahwa hampir 80% dari mereka yang belum divaksinasi Hepatitis B berpotensi mendapatkan penyakit hati.

Kemungkinan tingkat vaksinasi lebih rendah di antara mereka berusia di atas 33 tahun. Selain itu, mereka yang belum memiliki asuransi kesehatan dan mereka yang juga belum divaksinasi terhadap penyakit lain, seperti flu juga beresiko terinfeksi Hepatitis B. Tetapi hal ini bukan satu-satunya penyebab, mereka yang sudah memiliki asuransi kesehatan terkadang belum divaksinasi, kemungkinan ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya vaksin Hepatitis B.

Penyebab Kanker

Jurnal The Lancet menerbitkan sebuah artikel yang mengungkapkan empat penyakit penyebab Hepatitis B. Setelah meninjau 27 jenis kanker di 184 negara, para peneliti menyimpulkan 2 juta kasus kanker di dunia disebabkan oleh bakteri, parasite, dan virus. Menurut penelitian ini kanker ini tergolong penyakit yang bisa dicegah. Helicobacter pylori (bakteri yang banyak ditemukan di dalam perut), Hepatitis B, Hepatitis C, dan HPV. Sepertiga dari 2 juta kasus kanker ini menimpa mereka yang berusia dibawah usia 50 tahun. Pada wanita, banyak terjadi kasus kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV. Sedangkan pada pria, banyak terjadi penyakit yang berhubungan dengan lambung dan kanker hati yang disebabkan oleh Hepatitis B dan C.

Keamanan Vaksin Hepatitis B

Meski sudah melewati banyak penelitian dan menghasilkan berbagai karya ilmiah terkait pentingnya vaksinasi, masih banyak orang tua yang enggan memberikan vaksinasi kepada anak mereka. Bermunculannya berbagai gerakan yang menentang pemberian vaksin berlatar belakang ketakutan orang dewasa terhadap bahaya vaksin seperti autisme misalnya. Ketidakpercayaan orang tua terhadap vaksinasi juga berawal dari kurangnya edukasi mengenai manfaat dan efek samping pemberian vaksin.

Apakah vaksin Hepatitis aman? Nyeri pada area yang disuntik efek umum yang paling sering terjadi (www.cdc.com). Sebenarnya bukan efek vaksin yang perlu dipikirkan, namun komplikasi yang disebakan Hepatitis B lebih besar. Bayangkan apa yang akan terjadi jika Anda tidak mendapatkan vaksinasi Hepatitis B? Tidak hanya memberikan efek bagi Anda tetapi juga berdampak buruk pada orang-orang sekitar Anda. Namun, perlu diperhatikan bagi Anda memiliki alergi serius terhadap vaksin Hepatitis B atau vaksin lainnya atau memiliki alergi terhadap ragi, disarankan untuk tidak mendapatkan vaksin Hepatitis B.

Kenali penyakit Hepatitis lebih jauh dalam tulisan kami berikutnya.

Author Info

Comment ( 1 )

Post a Comment