Pencegahan Kutil Kelamin / HPV Pada Laki- Laki

Untuk mengetahui cara pencegahan penyakit HPV pada laki- laki, kita perlu memahami bagaimana penyakit ini ditularkan sehingga mengetahui di mana usaha memutus mata rantainya.

Bagaimana seorang laki- laki dapat tertular HPV ?

HPV masuk ke tubuh 85 % melalui hubungan seksual. Sisanya 15% menular melalui kontak erat seperti bertukar handuk, share mesin cuci bersamaan, bertukar underware, dan sebagainya yang memungkinkan jalannya virus HPV kontak dengan kulit kelamin.

Sebaiknya Anda terbuka pada pasangan seksual Anda mengenai kesehatan reproduksi Anda, khususnya mengenai infeksi HPV ini.

Jika salah satu dari partner seks telah didiagnosa HPV oleh dokter melalui pemeriksaan sitologi/ laboratorium, maka Anda dan partner Anda harus tahu bahwa :

  1. Tidak pernah ada cara untuk mengetahui kapan Anda terserang HPV dan dari siapa Anda mendapatkan infeksi ini. Kutil kelamin dapat ditularkan oleh orang yang di kelaminnya tidak nampak sekalipun lesi kutil tersebut. Sekali terkena HPV, dapat timbul lesi dalam beberapa minggu, atau beberapa bulan, orang lain timbul lesi dalam beberapa tahun, dan bahkan ada yang sama sekali tidak tibul lesi.
  2. Pasangan seksual yang sudah lama berhubungan seks, kemungkinan sudah bertukar virus HPV. Artinya mungkin saja partner Anda sudah tertular HPV walaupn belum ada tanda dan gejalanya. Masih belum diketahui faktor apa pada tubuh seseorang yang mampu menangkal virus ini sehingga ada kelompok yang menjadi sakit dan kelompok yang tetap sehat walaupun sudah terinfeksi.
  3. Kondom dapat menurunkan risiko penularan HPV khususnya kutil kelamin pada pasangan Anda, jika digunakan dengan cara yang benar dan sepanjang waktu. Namun HPV dapat menginfeksi daerah genital yang tidak terlindungi kondom, maka dari itu, kondom tidak 100 % efektif menangkal kutil.
  4. Vaksinasikan pasangan Anda sebelum pasangan Anda tertular HPV dari Anda.

Cara untuk menurunkan risiko Anda tertular infeksi HPV kembali :

  1. Menggunakan kondom setiap saat berhubungan dengan cara yang benar. Kondom juga dapat menurunkan angka kejadian penyakit yang ditularkan melalui hubungan kelamin. Namun pada area yang tidak terlindungi oleh kondom, tidka terlindung dari infeksi HPV.
  2. Setialah dengan pasangan Anda seumur hidup. Kalau bisa, hanya punya 1 pasangan sex seumur hidup.
  3. Batasi jumlah hubungan seksual dengan banyak pria/ wanita.
  4. Dengan sama sekali tidak berhubungan seks, adalah cara paling aman dan meyakinkan untuk mencegah infeksi HPV di kemudian hari.
  5. Vaksinasikan diri Anda karena vaksin Gardasil memiliki efek anti kekambuhan untuk orang yang sudah pernah menderita HPV.

VAKSINASI HPV untuk Laki- Laki

Vaksin HPV bukan saja milik perempuan, namun vaksin HPV jenis 4 valen dan 9 valen (Gardasil dan Gardasil 9) dapat digunakan untuk laki- laki. Dengan vaksinasi HPV sebanyak 2 shot – 3 shot akan melindungi diri Anda dari kutil kelamin. Saat berhubungan dengan pasangan yang telah memiliki HPV sebelumnya, setidaknya sudah lebih tahan terhadap infeksi HPV karena telah memiliki antibodi terhadap virus tersebut. Efektifitasnya 60 – 90 % pada laki – laki.

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!