PENCEGAHAN INFLUENZA

PENCEGAHAN INFLUENZA

Sepintas flu seperti penyakit yang sepele, namun sebenarnya flu jauh lebih berbahaya dari yang Anda bayangkan. Flu tidak hanya mengganggu kegiataan sehari-hari, tapi juga berdampak pada penyakit yang berhubungan dengan pernafasan seperti pneumonia (radang paru). Demam, sakit badan, perasaan tubuh lelah sekali, batuk kering adalah gejala-gejala yang ditemukan pada penderita influenza. Untuk mencegah hal-hal buruk terjadi, diperlukan adanya tindakan pencegahan influenza. Paling tidak memperkecil kesempatan penyakit ini menjadi sebuah epidemi. Anda tentu tidak menginginkan hal itu terjadi, bukan?

image002

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

Gaya hidup bersih dan sehat yang telah ditetapkan oleh pemerintah memiliki 5 poin yang bisa mencegah influenza sebagai berikut:

  • Menggunakan air bersih
  • Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun (atau dengan cairan berbasis alkohol)
  • Makan buah dan sayur setiap hari
  • Melakukan aktivitas fisik setiap hari
  • Tidak merokok di dalam rumah

Selain itu, cara yang bisa kita lakukan adalah menjaga kesehatan pribadi dan gaya hidup sehat seperti: tidak menyentuh mata, hidung dan mulut; menutup mulut dan hidung saat batuk dan bersin, menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit; tetap berada di rumah sendiri saat sedang sakit; dan tidak meludah sembarangan. Menggunakan masker wajah saat merawat orang yang sakit pun dapat membantu mencegah penularan influenza. Selain itu, mengurangi kebiasaan merokok juga dapat membantu mencegah penularan dan keparahan influenza. Karena merokok dapat meningkatkan risiko penularan influenza, dan dapat menimbulkan gejala penyakit yang lebih berat.

Karena influenza menyebar melalui udara dan kontak langsung, pembersihan permukaan peralatan-peralatan di sekitar kita dapat membantu mencegah sebagian dari infeksi influenza. Alkohol dapat menjadi bahan sanitasi (pembersih) yang efektif terhadap virus influenza. Selain itu senyawa amonium kuarterner dapat dipergunakan bersamaan dengan alkohol agar  efek sanitasi tersebut dapat bertahan lebih lama. Di rumah sakit, senyawa amonium kuarterner dan bahan pemutih dapat digunakan untuk membersihkan ruangan dan peralatan yang sebelumnya dipakai oleh pasien dengan gejala influenza. Di rumah, hal tersebut dapat dilakukan dengan efektif dengan menggunakan bahan pemutih chlorine yang telah dilelehkan sebelumnya.

VAKSINASI INFLUENZA

Vaksinasi influenza adalah salah satu cara paling efektif untuk mencegah influenza yang disebabkan oleh virus influenza.

Virus influenza selalu berbeda setiap tahunnya. Setiap tahun, vaksin flu dibuat untuk melindungi terhadap 3-4 virus yang kemungkinan menyebabkan penyakit tahun itu. Vaksin flu tidak dapat mencegah semua kasus penyakit flu, tetapi dapat memberikan pertahanan terbaik melawan penyakit ini. Vaksin ini dapat memberikan proteksi atau perlindungan sekitar 70-90% terhadap virus influenza.

Perlu waktu hingga 2 minggu sebelum perlindungan ini bereaksi setelah injeksi vaksin dan perlindungannya bertahan selama setahun. Vaksinasi influenza dapat mengurangi resiko penularan. Vaksin flu inaktif tidak mengandung virus flu hidup, oleh karena itu, Anda tidak mungkin terkena flu karena vaksinasi influenza ini.

image003

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.