Pemberian 5 Vaksin Sebelum Pernikahan

Pemberian 5 Vaksin Sebelum Pernikahan

Aturan pemerintah menetapkan bahwa ada beberapa vaksin sebelum pernikahan. Semua diberikan bagi pasangan calon suami istri sebelum pernikahan dilakukan. Hal ini wajib dilakukan untuk menjamin kesehatan pasangan sebelum menikah karena banyak virus mudah menular.

Jadi tak hanya persiapan secara materi maupun psikologis saja yang penting. Kesehatan menjadi bekal penting sebelum pernikahan dilakukan. Pemberian vaksin juga diberikan dengan tujuan melindungi janin kelak agar jauh dari penyakit.

vaksin 8

Maka sebelum menikah, kenali beberapa vaksin yang harus diberikan!

5 Jenis Vaksin Sebelum Pernikahan

1. Vaksin TT

Vaksin TT membantu membangun antibody untuk melawan virus tetanus. Jika seorang calon ibu terjangkit tetanus, maka resikonya sangat besar terhadap penularan kepada bayinya.Maka calon ibu wajib diberikan vaksin tetanus terlebih dahulu. Pemberiannya sebanyak 3 kali dengan jarak 1 bulan setiap tahap vaksinasi.

2. Vaksin hepatitis A dan B

Hepatitis adalah virus menyerang hati. Seorang ibu yang mengidap penyakit ini bisa menularkannya kepada anak yang dikandung. Maka, sebelum pernikahan, calon suami istri harus diberikan vaksin ini. Pemberian vaksin sebelum pernikahan ini dilakukan 3 kali. Jadwalnya sama dengan pemberian vaksin HPV.

3. Imunisasi Varicella atau cacar air

Pemberian vaksin ini bertujuan untuk mencegah penularan penyakit cacar air ibu kepada bayi yang dikandung. Vaksin ini tidak bisa diberikan saat seorang ibu hamil. Makanya harus diberikan sebelum pernikahan dilakukan.

4. Vaksin MMR

Vaksin ini diberikan satu kali saja. Tujuannya untuk mencegah penularan penyakit rubella saat kehamilan. Jika penyakit ini tertular pada bayi, maka bisa menyebabkan bayi lahir cacat. Selain itu bisa juga untuk mencegah infertilits pada pria maupun wanita.

5. Vaksin HPV

Vaksin HPV diberikn sebanyak 3 kali untuk mencegah penyakit kanker serviks. Penyakit akibat virus ini paling banyak menyerang wanita dan menjadi momok tersendiri.

Maka, untuk pencegahannya, diberikan imunisai HPV sebagai vaksin sebelum pernikahan. Dengan demikian, baik pria maupun wanita bisa memiliki kekebalan yang baik akan virus ini.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

18 − one =

×
Hallo