virus kanker serviks

Mengenali Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Campak

Mengenali Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Campak

Anda mungkin sduah mengenal atau mengalami sendiri penyakit yang disebut campak. Meskipun gejalanya ringan, namun penyakit ini sangat mudah menular dan membuat terganggu semua aktivitas.

Daya tahan tubuh yang menurun bisa jadi faktor penyebab virus campak ini. Jika sudah demikian, maka akan muncul gejala yang umum ditemui, yaitu adanya ruam-ruam merah pada kulit. Gejala ini disertai dengan gatal-gatal yang membuat tubuh tidak nyaman. Belum lagi ada demam yang menjadi efek dari virus ini.

Mudahnya penularan virus campak, perlu diantisipasi dengan melakukan langkah pencegahan campak yang tepat dan efektif. Maka, setelah mengenal gejala dan penyebab di atas, maka selanjutnya kita akan mengetahui bagaimana cara pencegahan campak atau disebut juga dengan rubella ini!

Cara Efektif Pencegahan Campak

  1. Melakukan pemeriksaaan serologi

Bagi wanita di usia tertentu, khususnya yang masih dalam masa subur, maka bisa melakukan pencegahan campak dengan melakukan pemeriksaan serologi.

Pemeriksaan ini untuk mengetahui antibodi dalam tubuh terhadap TORCH. Nah, jika tidak ada antibodi yang mendukung melawan virus ini, maka akan segera dilakukan imunisasi hingga tubuh memiliki kekebalan yang baik terhadpa virus campak.

  1. Melakukan vaksinasi MR

Vaksin untuk pencegahan campak disebut dengan vaksin MR. Pada anak-anak dilakukan saat usianya balita. Namun tidak menutup kemungkinan pula bahwa pada usia dewasa seseorang juga bisa melakukan vaksinasi vorus cmapak ini. Pada anak, pemberian vaksin bertahap dilakukan. Pada tahap kedua diberikan saat usia 4 hingga 6 tahun. Pada kasus tertentu, bayi berusia 6 bulan juga bisa divaksin campak, jika ia kerap melakukan perjalanan, seperti ke luar negeri.

  1. Melakukan check up ke dokter

Munculnya gejala campak harus dideteksi sedini mungkin. Periksakan diri ke dokter jika mengalami beberapa gejala penyakit campak, seperti kepala pusing, demam, nyeri pada sendi, dan juga munculnya ruam-ruam merah pada kulit.

Dengan demikian, dokter akan memberikan penanganan yang terbaik dalam pencegahan campak hingga tidak semakin menyebar dan membuat tubuh merasa tidak nyaman.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

6 + 14 =

×
Hallo