Mengenal Virus Kanker Serviks bagi Wanita Sebelum Terlambat

Mengenal Virus Kanker Serviks bagi Wanita Sebelum Terlambat

Kanker merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Namun ada satu jenis kanker yang disebut kanker serviks yang hanya menerang wanita. Kanker ini ada di mulut Rahim dan bisa menyebabkan kematian.

Penyebabnya adalah virus yang membuat pertumbuhan sel tidak terkendali. Jika tidak ditangani sedini mungkin, wanita yang terjangkit virus kanker serviks akan sulit diobati. Maka dari itulah, wanita pada umumnya harus mengenal jenis virus ini dan juga penyebab kanker serviks.

virus kanker serviks

Virus Kanker Serviks dan Resikonya pada Wanita

Penyebab utama kanker serviks atau kanker mulut rahim adalah adanya infeksi virus HPV atau Human Pappiloma Virus. Kebanyakan ditularkan melalui hubungan seksual. Bisa juga ditularkan dengan cara lainnya.

Lebh lanjut, mulut rahim yang sudah terinfeksi virus ini akan mengalami gangguan yang serius. Meskipun demikian, virus ini hanya menyerang bagian muluit rahim dan tak bisa menyerang bagian organ tubuh lain seperti jantung maupun paru-paru.

Virus kanker serviks bernama HPV ini bia pula bisa menyerang vagina, ovary dan endometrium yang dimiliki wanita. Maka dari itulah, pemeriksaan kesehatan rutin sangat penting dilakukan untuk melihat deteksi dini jika ada serangan virus ini.

Tanda Infeksi Virus Kanker serviks

Infeksi dari HPV atau virus penyebab kanker serviks ini bisa menyebabkan kondisi tertentu. Infkeis ini bisa menimbulkan beberapa tanda yang sebagian besar tak disadari sebagai gejala kanker. Jika kondisi ini dibiarkan, maka kanker serviks akan mulai menyebar dan menimbulkan masalah kesehatan yang sangat serius.

Tanda-tanda dari serangan virus penyebab kanker ini adalah:

  • Adanya perubahan yang tidak normal pada ketebalan kulit yang menutupi bagian serviks
  • Ketebalan serviks yang dibiarkan terjadi bisa berkembang menjadi sel-sel kanker

Selain virus kanker serviks, ada pula beberapa penyebab lain dari penyakit ganas ini. Salah satunya adalah merokok. Bagi perokok pasif yang kemungkinan mereka menghirup asap rokok dalma waktu yang lama juga kemungkinan besar bisa terjangkit kanker serviks. Sedangkan khusus bagi wanita perokok, maka ada resiko yang 2 kali lebih besar terjangkit.

Maka, mulailah gaya hidup sehat dan hindari penyebab kanker serviks sebisa mungkin, karena jika sudah menyerang dan menginfeksi, virus kanker serviks akan sangat sulit untuk diobati.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

one × 2 =