Mengenal Lebih Jauh VAKSIN HERPES ZOSTER

Klinikvaksinasi.com – Sediaan vaksin Herpes Zoster ini mengandung VZV hidup, kekuatannya 14 x lebih poten dibandingkan dengan vaksin varisela (cacar air). Durasi perlindungan menurut penelitian adalah selama 10 tahun.

Mekanisme kerja Zostavax

Setelah vaksin herpes Zoster disuntikkan ke tubuh, dalam 2 minggu – 1 bulan, tubuh mulai membuat antibodi dengan cara menimbulkan respon imun yang spesifik menekan reaktivasi VZV. Jadi VZV yang ada di saraf tulang belakang tidak menajdi aktif kembali.

Vaksin ini akan menekan perkembangbiakan VZV (varicella zoster virus) sehingga mengurangi keruskaan saraf pada saat Herpes Zoster.

Vaksin Zostavax mengaktivasi Sel T memori di tubuh, sehingga antibodi yang dibentuk akan bertahan seumur hidup bahkan tanpa paparan antigen sekalipun.

Manfaat Vaksin Herpes Zoster

Dengan adanya vaksin Herpes Zoster, kejadian herpes zoster 51% dapat dicegah. Kejadian NPH (Nyeri Pasca Herpetic) menurun hingga 66,5 %. Setelah era vaksinasi herpes di Amerika, beban kesakitan/ keparahan penyakit herpes pun menurun hingga 61,1 %. Angka ini menujukkan betapa bermanfaatnya penyuntikan herpes zoster ini pada orang dewasa.

Rekomendasi PAPDI, vaksinasi ini direkomendasikan kepada semua orang yang imunokompeten, berusia 50 tahun, dengan atau tanpa episode zoster sebelumnya, dan tanpa perlu dilakukan pemeriksaan antibodi sebelumnya.

Pasien HIV dengan CD-4 350 boleh divaksinasi dengan vaksin live attenuated seperti herpes zoster, varicella dan polio oral.

Kontraindikasi vaksin Herpes Zoster :

  1. Penurunan sistem imun
  2. Alergi terhadap komponen vaksin gelatin
  3. Tuberkulosis aktif yang tidak diterapi
  4. Kehamilan

Pada keadadan tersebut di atas, pemberian vaksin hidup (herpes zoster) ditunda, hingga keadaan tidak imunokompromise. Hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter ahli.

Efek Samping Vaksin Herpes Zoster

Vaksin seperti layaknya semua obat, dapat menyebabkan masalah serius, contohnya kemungkinan terjadi alergi berat. Namun risiko sebuah vaksin untuk menyebabkan membahayakan tubuh, kematian sangatlah kecil dibandingkan manfaatnya. Hingga saat ini belum ada reaksi serius dari penyuntikan vaksin cacar ular ini.

Efek samping ringan

  • Kemerahan, nyeri, bengkak dan gatal di tempat suntikan. (1 dari 3 orang merasakan ini).
  • Nyeri kepala (dirasakan oleh 1 dari 70 orang).

Seperti semua vaksin, vaksin herpes zoster sedang dimonitor ketat untuk efek samping yang mungkin terjadi karena vaksin ini relatif baru di pasaran.

Reaksi alergi mungkin saja terjadi.

 

 

Author Info

No Comments

Post a Comment