hongkong flu

Mengenal Hongkong Flu Mengancam Jiwa

Mengenal Hongkong Flu Mengancam Jiwa

Nampaknya wabah penyakit flu masih termasuk wabah mematikan bahkan di era ini. Pada tahun 1968 ditemukan virus flu yang mematikan di Hongkong. Karena itulah banyak yang menyebutnya dengan Hongkong flu.

Meskipun merupakan penyakit musiman, namun bahayanya perlu diwaspadai karena telah menewaskan lebih dari 120 orang.

hongkong flu

Merebaknya Hongkong Flu

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Hongkong flu merupakan penyakit yang merebak secara musiman. Yakni terjadi menjelang awal dan juga pertengahan tahun. Pada saat itulah, penularannya lebih besar.

Virus ini mengancam segala suia. Termasuk anak-anak dimana resikonya bisa lebih besar. Faktor kekebalan tubuh yang masih lemah menjadi penyebabnya.

Saat virus ini merebak di Hongkong, maka sekolah diliburkan untuk menghindari penyebaran virus makin meluas. Sementara libur tahun baru Imlek dilakukan lebih awal. Hal ini guna melindungi warga Hongkong dari resiko flu ini.

Penularan Hongkong Flu

Seperti halnya jenis virus lainnya, Hongkong flu mudah ditularkan. Bisa lewat berbagai media. Salah satunya ialah lewat udara saat penderita bicara, batuk maupun bersin. Seseorang bisa menyebarkan vrus ini dengan mudah bahkan sebelum tubuh menunjukkan gejala terinfeksi virus.

Virus ini akan lebih mudah menyerang:

  • Anak-anak
  • Lansia
  • Orang dengan daya tahan tubuh rendah

Waspadai pula benda-benda yang bisa terkontaminasi oleh flu ini. Termausk fasilitas publik yang dipakai bersama-sama. Seperti halnya gagang pintu, tombol lift, dan juga fasilitas lainnya. Memakai masker setiap keluar rumah adalah salah satu tindak pencegahan yang bijaksana.

Langkah Pencegahan dari Virus Flu

Hongkong flu bisa menyerang siapa saja. Maka menerapkan tindak pencegahannya merupakan hal yang terbaik. Beberapa hal yang bisa diakukan ialah:

  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
  • Jangan menyentuh mulut hidung, dan mata dengan tangan dalam keadaan kotor atau baru pulang dari bepergian.
  • Jangan memakai benda yang dipakai bersama dengan penderita flu
  • Selalu bawa hand sanitizer yang bisa digunakan saat tidak ada air bersih
  • Ketika wabah menyerang, maka hindari bepergian ke tempat umum

Itulah beberapa hal yang bisa melindungi diri dari serangan Hongong flu yang berbahaya dan mematikan.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

14 + 18 =

×
Hallo