Mengenal Apa Itu Virus?

Mengenal Apa Itu Virus?

Virus 1

Tentu saja tidak ada dari kita yang tak pernah sakit, dan kebanyakan penyakit disebabkan oleh serangan virus. Walaupun seringkali mendengar kata tersebut tapi pasti sebagian dari kita belum memahami benar Apa itu virus. Kata tersebut berasal dari bahasa Latin yang berarti racung karena berhubungan dengan beragam penyakit yang dipicu baik kepada manusia, hewan, dan tumbuhan.

Yang pertama kali memperkenalkan kata tersebut adalah Louis Pasteur. Ilmuan tersebut mengadakan riset dan menemukan bahwa ada sesuatu yang memicu penyakit rabies, serta unsur tersebut lebih kecil dibandingkan bakteri.

Memahami Apa itu virus?

Virus sebenarnya bukan makhluk hidup tapi merupakan parasit obligat pada makhluk hidup. Obligat artinya virus tersebut tak bisa hidup bila tidak berada di dalam makhluk hidup. Jadi virus adalah entitas nonseluler yang terdiri dari protein. Virus dapat menduplikasi diri dan menginfeksi makhluk hidup yang menjadi inangnya. Ini dilakukan dengan cara memecah sel inangnya serta menghasilkan senyawa tertentu.

Dengan kalimat lain dapat juga dijelaskan bahwa virus adalah parasit obligat dan merupakan makhluk nonseluler yang menggunakan materi inangnya untuk melipatgandakan diri. Beberapa penyakit ini disebabkan oleh virus.

  1. HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menimbulkan penyakit AIDS pada manusia serta satwa (primata). Hingga saat ini belum ditemukan obat yang benar-benar efektif       untuk menyembuhkan penyakit yang bisa menyebabkan hilangnya nyawa ini.
  2. Virus influenza adalah virus yang menimbulkan penyakit flu pada manusia serta hewan.
  3. Adenovirus adalah virus yang menimbulkan penyakit rabies pada anjing.
  4. Virus herpes simplex adalah virus yang menimbulkan herpes atau cacar kepada manusia.
  5. Virus hepatitis adalah virus yang menimbulkan penyakit hati pada manusia dan hewan.
  6. Beberapa jenis penyakit kanker juga disebabkan oleh virus.

Setelah mengenal Apa itu virus berarti Anda juga harus mengetahui cara mengantisipasi berbagai penyakit akibat virus. Salah satunya adalah dengan vaksinasi atau menciptakan kekebalan tubuh atas serangan virus tertentu dengan cara memasukkan virus yang telah dilemahkan.

Semoga bermanfaat!

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

18 + 14 =

×
Hallo