Mengenal Apa itu HPV

Mengenal Apa itu HPV

Para wanita memang harus sangat waspada terhadap berbagai ancaman penyakit yang berkaitan dengan organ reproduksinya. Salah satunya adalah kanker serviks yang termasuk pembunuh wanita paling banyak di dunia. Dari data yang tercatat, setiap 1 jam wanita Indonesia meninggal karena penyakit berbahaya ini. Kanker serviks dipicu oleh HPV atau Human papillomavirus. Apa itu HPV?

hpv

Memahami Apa itu HPV

Virus tersebut terdiri lebih dari 100 tipe namun yang perlu diwaspadai adalah 4 jenis virus, yaitu HPV 6, 11, 16, dan 18. HPV 6 dan HPV 11 diketahui dapat menyebabkan penyakit kutil kelamin, sementara pemicu kanker serviks adalah HPV 16 dan HPV 18. Perlu diketahui bahwa siapa pun bisa terinfeksi virus ini tanpa memandang usia serta jenis kelamin, termasuk pria, remaja dan anak-anak yang secara seksual belum aktif.

Infeksi HPV kepada pria akan memicu penyakit kutil kelamin, tenggorokan, mulut, anus, hingga kanker pada organ intim. Sementara bagi wanita bisa menyebabkan kanker serviks, juga kanker pada vulva, vagina, tenggorokan, mulut, dan anus.

Virus HPV ini bisa menular umumnya dengan kontak sesual oleh penderita dengan orang sehat melalui penetrasi penis kepada vagina, seks anal, serta oral. Yang berbahaya banyak orang tak menyadari bahwa tubuhnya telah terifeksi virus ini karena tak menimbulkan gejala apa pun.

Mencegah infeksi HPV

Jangan puas hanya dengan mengetahui Apa itu HPV, tapi perluas wawasan Anda termasuk pada antisipasinya. Cara paling tepat adalah dengan vaksinasi HPV yang membantu tubuh membentuk kekebalan terhadap virus tersebut. Jadi virus akan mati saat menembus tubuh sehingga tak dapat memicu penyakit.

Tak perlu khawatir akan keamanan vaksin HPV karena merupakan vaksin inaktif atau berisi protein sebagaimana struktur cangkang tanpa DNA virus. Setelah disuntikkan ke dalam tubuh vaksin akan merangsang pembentukan perlindungan di dalam tubuh atau respon imun.

2 jenis vaksinasi HPV adalah vaksin Quadrivalent yang melindungi dari HPV tipe 6, 11, 16, dan 18, serta Bivalent, yang memberi perlindungan dari HPV tipe 16 dan 18.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

thirteen − four =

×
Hallo