Mengapa Vaksin Flu Itu Penting?

flu_1797500b

Margaret Chan, Direktor Jenderal  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berkata: “Influenza pandemics must be taken seriously, precisely because of their capacity to spread rapidly to every country in the world.”. Perkataan Margaret Chan benar-benar mengena, flu harus ditanggapi dengan serius karena tidak hanya menganggu kegiatan sehari-hari tapi juga dapat menjadi dalang terhadap penyakit-penyakit seperti pneumonia.

Penyakit influenza adalah salah satu penyakit infeksi yang sangat mudah menular dari satu orang  ke orang lain. Media penularannya melalui udara (airborne infection).  Seorang penderita influenza yang tanpa sengaja bersin, bicara, atau juga melalui kontak tubuh dengan orang lain, seperti berjabatan tangan, berciuman, sentuhan melalui alat-alat dan perabot rumah tangga. Setiap tahun ada sekitar 3 juta hingga 5 juta kasus penderita influenza berat, dan sekitar 250.000 hingga 500.000 orang yang meninggal diseluruh dunia setiap tahunnya..

Vaksin flu berisi virus influenza yang sudah dimusnahkan. Seperti halnya vaksin ini ini dimasukkan ke dalam tubuh dengan cara injeksi atau semprot untuk merangsang tubuh membentuk antibodi. Jadi, tubuh Anda akan kebal terhadap “serangan” penyakit influenza. Cobalah  kenali vaksin influenza melalui 5 fakta berikut ini.

1.      Sakti.

Efektivitas vaksin influenza memiliki kemungkinan sekitar 70-90% dalam mencegah sakit, tergantung dari lama dan intensitas musim flu dan kondisi kesehatan anda. Seseorang yang sebelumnya  yang mendapat vaksinasi flu masih dapat terkena flu tetapi hanya flu ringan dan yang paling penting vaksin dapat mengurangi kemungkinan menanggulangi  risiko yang tinggi terhadap komplikasi akibat flu (terutama radang paru-paru, serangan jantung, stroke, dan kematian) dimana orang lanjut usia yang lebih mudah diserang.

2.      Dua varian.

Varian di sini bukan berarti vaksin ada dua rasa seperti cokelat atau vanilla, melainkan dua jenis atau sediaan. Dua jenis ini menggunakan cara penggunaan, bisa Anda pilih apakah Anda lebih nyaman menggunakan jarum suntik (injeksi) atau melalui semprotan (nasal spray).

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan beberapa kondisi tertentu untuk mendapatkan vaksin influenza. Wanita hamil, orang dewasa berusia 50 tahun keatas, memiliki kondisi media kronis, dan perawat anak atau pekerja layanan atau hidup dengan atau merawat seseorang dari beresiko terserang komplikasi flu. Namun bagi Anda yang memiliki alergi terhadap atau bereaksi negatif terhadap vaksin sebelumnya  tidak direkomendasikan untuk medapatkan vaksin flu.

3.      Cara Kerja Vaksin.

Vaksin flu efektif 70%-90% dalam mencegah penyakit yang disebabkan oleh flu tergantung lama dan intensitas musim flu dan kesehatan umum anda. Vaksin flu memberikan kesempatan yang baik untuk mencegah flu tapi tidak bisa menjamin Anda tidak sakit.  Vaksin flu melindungi Anda terhadap 2 atau 3 virus influenza yang umum.

4.      Juga baik untuk anak-anak.

Anak-anak yang berusia di bawah 9 tahun membutuhkan 2 dosis vaksin flu jika mereka baru pertama kali mendapatkan vaksinasi influenza. Hal ini karena anak-anak tidak mengembangkan antibodi yang cukup saat pertama kali mereka mendapatkan vaksin. Jadi perlu adanya dua dosin vaksin influenza untuk memberikan perlindungan terhadap Anda.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.