Mengapa Pencegahan Hepatitis A Diperlukan?

Klinikvaksinasi.com – Jika sebelumnya Klinik Vaksinasi sudah membahas mengenai bahaya hepatitis A dan gejalanya, kini kami akan membahas bagaimana mencegah Hepatitis A. Sekedar mengingatkan Anda, Hepatitis A adalah sebuah penyakit yang disebakan oleh virus Hepatitis A dan menyerang hati. Penyebab Hepatitis A adalah virus hepatitis A yang dapat menyebar dengan sangat mudah. Cara penyebaran utamanya adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja pengidap hepatitis A.

pencegahan hepatitis aLalu, bagaimana pencegahan Hepatitis A? Jawabannya adalah sanitasi, keamanan pangan dan vaksinasi. Selain itu, penyebaran hepatitis A dapat dikurangi dengan: kecukupan pasokan air minum yang aman, pembuangan limbah dalam masyarakat; dan praktek kebersihan pribadi seperti biasa mencuci tangan dengan air bersih. Selain itu, vakisnasi bisa dijadikan salah satu upaya pencegahan Hepatitis A.

Vaksinasi

Vaksin Hepatitis A dewasa diberikan dua kali suntikan, berjarak enam bulan. Vaksin Hepatitis A juga hadir dalam bentuk kombinasi, yaitu kombinasi Hepatitis A dan B, yang dapat diberikan kepada mereka yang berusia 18 tahun keatas. Vaksin kombo Hepatitis A dan B memiliki beberapa keuntungan seperti mempersingkat waktu imunisasi, mempermudah pemberian, mengurangi jumlah suntikan, mengurangi kunjungan ke dokter dan lebih murah dibandingkan pemberian vaksin terpisah.

Merk vaksin Hepatitis A yang banyak digunakan yaitu Havrix® (diproduksi oleh GlaxoSmithKline), Avaxim® (diproduksi oleh SanofiPasteur), dan Vaqta® (diproduksi Merck). Sedangkan merk Twinrix adalah merk vaksin kombinasi Hepatitis A dan B yang banyak digunakan saat ini.

 

Author Info

No Comments

Post a Comment