Mengapa Imunisasi Anak untuk Bayi Penting?

Imunisasi terutama bagi anak-anak atau bayi sangat penting. Apa sebenarnya manfaat dari Imunisasi Anak terutama untuk bayi-bayi? Mengapa orang tua Indonesia harus sadar bahwa anak mereka memerlukan imunisasi ?

imunisasi anak

Manfaat Imunisasi Anak

Imunisasi sendiri adalah metode untuk memasukkan virus atau bakteri yang mana sudah dilemahkan ke dalam tubuh melalui sebuah suntikan. Namun bakteri atau virus ini tidak berbahaya bagi si kecil karena bakteri atau virus ini malahan akan merangsang tubuh guna membentuk kekebalan. Dengan terbentuknya sistem kekebalan sehingga saat ada bibit penyakit yang mencoba untuk masuk, secara otomatis tubuh akan melawan.

Kapan Imunisasi Anak dilakukan

Secara umum Imunisasi Anak yang usianya sampai 5 tahun mengalami 12 jenis vaksin dengan jadwal yang terpisah. Nah, sebagai orang tua sebaiknya konsultasikan jadwal imunisasi secara rutin pada dokter anak, dengan begitu akan dipantau dengan baik oleh dokter tersebut.

Jenis Imunisasi Anak yang Perlu diberikan

Sekarang ini ada kemudahan yang diberikan oleh instansi kesehatan. Kemudahan itu terlihat dari apakah itu vaksin kombo atu kombinasi. Dengan vaksin ini beberapa jenis bakteri dan virus digabungkan dan bisa mencegah penyakit yang berbeda. Vaksin ini cukup diberikan satu suntikan saja.

Ada Efek dari Imunisasi Anak bagi Bayi?

Sangat jarang Imunisasi Anak memberikan efek alergi pada bayi. Namun bukan berarti Anda tidak perlu mengecek reaksi bayi sesudah vaksin diberikan. Reaksi yang pada umumnya terjadi adalah demam ringan, serta bagian yang disuntik menjari bengkak dan merah. Kalau sebagai orang tua Anda khawatir, cukup berikan saja parasetamol jika badannya panas. Jadi kesimpulannya adalah, kemungkinan untuk imunisasi anak menimbulkan efek samping yang serius pada anak sangatlah kecil.

Supaya Bayi Tidak Trauma pada Jarum Suntik?

Setelah bayi diberikan Imunisasi Anak berikanlah ASI karena menyusui adalah sebuah pereda rasa sakit yang istimewa.

Begitulah apa yang bisa disampaikan tentang manfaat Imunisasi Anak untuk bayi, bagaimana cara mencegah trauma pada jarum suntik dan efek sampingnya bagi bayi.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

3 × two =