Mengapa Hepatitis A Tidak Dapat Dianggap Sepele?

KlinikVaksinasi.com – Sebuah penelitian terkait Hepatitis A yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kemungkinan penderita Hepatitis A dirawat inap. Berdasarkan data Badan kesehatan Dunia (WHO) setiap tahun, sekitar 1,4 juta jiwa terinfeksi virus Hepatitis A . Lalu, apakah sebenarnya Hepatitis A? Seperti apa bahaya yang dapat ditampilkan?

hepatitis aHepatitis A adalah infeksi hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A ( HAV ) Virus Hepatitis A disebabkan oleh makanan yang terkontaminasi atau air , atau mendapatkan kontak langsung dengan mereka yang sudah terinfeksi virus Hepatitis A. Penyakit ini sangat menular dan jika dibiarkan tanpa ditangani dengan cepat, akan menyebabkan mereka yang terinfeksi virus Hepatitis A akan mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Tidak seperti Hepatitis B dan C, infeksi hepatitis A tidak menyebabkan penyakit hati yang kronis dan namun dapat berakibat fatal. Selain itu, Hepatitis A dapat menyebabkan pelemahan gejala dan Hepatitis fulminan (gagal hati akut), yang menjurus ke angka kematian yang tinggi. Sebuah epidemi penyakit Hepatitis A terjadi di Shanghai pada tahun 1988 yang mempengaruhi sekitar 300 ribu jiwa.

 

Gejala dan Penularan Hepatitis A

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, gejala Hepatitis A terkadang tidak langsung dikenali. Untuk menghindari Hepatitis A menggerogoti tubuh Anda, ada perlunya Anda mencari tahu apa saja gejalanya. Perlu Anda tahu sebelumnya, masa inkubasi (masa mulai masuknya kuman hingga menyebabkan gejala) virus Hepatitis A biasanya terjadi selama 14-28 hari.

Gejala Hepatitis A berkisar dari gejala ringan hingga parah. Gejala Hepatitis A termasuk diantaranya demam, tidak enak badan, kehilangan nafsu makan, diare, mual, ketidaknyamanan perut, urin berwarna gelap, dan penyakit kuning (menguningnya pada kulit dan putih mata). Gejala Hepatitis A tidak sama pada setiap orang.

Virus Hepatitis A ditularkan melalui rute fekal -oral; yaitu terjadi ketika mereka yang belum terinfeksi virus Hepatitis A mencerna makanan atau air yang telah terkontaminasi dengan tinja orang yang terinfeksi.Virus ini juga dapat ditularkan melalui kontak fisik yang erat dengan orang yang terinfeksi , meskipun kontak biasa di antara orang tidak menyebarkan virus.

Meskipun bahaya Hepatitis A bisa dihindari, terutama jika Anda memiliki gaya hidup yang sehat. Untuk menghindari bahaya Hepatitis A, Anda perlu mengetahui upaya pencegahan dan pengobatan Hepatitis yang bisa dibaca pada tulisan kami selanjutnya.

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!