Mencegah Kanker Serviks pada Wanita

Mencegah Kanker Serviks pada Wanita

pencegahan kanker serviks

Kanker Serviks adalah pembunuh nomor 1 untuk wanita Indonesia. Data ini berdasarkan Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) yaitu Prof. DR. dr. Aru Wicaksono yang mana dilansir dari media. Kanker serviks memang pembunuh yang paling mematikan nomor 2 di dunia. Namun sebenarnya ada beberapa Cara Mencegah Kanker Serviks pada wanita. Apabila makin dini kanker serviks diagnosis, maka akan makin besar juga kemungkinan sembuhnya penyakit ini lebih besar.

Beberapa Cara Mencegah Kanker Serviks

Di bawah ini ada beberapa cara yang dianjurkan kepada para perempuan Indonesia agar bisa mencegah kanker serviks. Cara yang pertama adalah dengan rutin melakukan pemeriksaan pap smear. Pap smear adalah salah satu cara yang terbaik sebagai pertahanan pertama untuk bisa mencegah kanker serviks sejak dini. Metode screening yang satu ini memiliki fungsi untuk mendeteksi sel-sel yang ada di dalam leher rahim yang mana nantinya berpotensi jadi kanker. Cara Mencegah Kanker Serviks yang kedua adalah dengan mendapat vaksinasi HPV. Cara ini juga tak kalah penting jarena apabila anda wanita yang berumur 9-26 tahun anda sangat disarankan mendapat vaksin ini. Vaksin HPV ini adalah yang paling ideal ini diberikan pada mereka yang memang belum aktif secara seksual. Jadi untuk anda yang sudah secara aktif seksual namun belum mendapatkan vaksinasi ini, maka segeralah.

Cara ketiga cukup mudah yakni dengan menghindari merokok. Sebaiknya anda mengurangi kemungkinan terkena kanker serviks dengan tak merokok. Mengapa? Karena racun rokok ini sifatnya oksidatif sehingga dapat memicu sel kanker muncul dan bisa makin ganas. Cara Mencegah Kanker Serviks yang terakhir adalah dengan melalukan seks yang aman. Fakta yang mengejutkan adalah ternyata lebih dari 90% kanker serviks ini disebabkan oleh infeksi virus HPV. Nah, penyebab virus ini sendiri pasalnya terjadi lewat hubungan seksual yang tak aman. Kondom bisa dipakai untuk mengurangi risiko tertular virus HPV.

Demikian lah beberapa Cara Mencegah Kanker Serviks pada wanita yang sangat dianjurkan. Semoga anda bisa terhindar dari kanker serviks yang ganas.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

two × five =

×
Hallo