Memahami Vaksinasi dan AIDS

Memahami Vaksinasi dan AIDS

AidsSaat ini, penyakit HIV atau dikenal juga dengan AIDS belum ada obatnya dan belum bisa disembuhkan. Selama ini, pengobatan yang dilakukan adalah untuk membuat pasien dengan HIV hidup lebih lama. Pasien sudah tidak lagi hidup normal seperti sebelumnya dan perlu diperlakukan dengan spesial, seperti pasien harus mempertimbangkan ketika akan melakukan vaksinasi karena bisa jadi menimbulkan efek buruk pada tubuh.

Maka, pasien HIV juga harus memahami penerapan dan akibat dari vaksinasi dan AIDS.

Dampak Vaksinasi dan AIDS

Perlu diketahui bahwa berbeda dengan serangan virus penyakit lain, sampai saat ini belum ada vaksin yang bisa mencegah seseorang tertular HIV.

Vaksinasi dan AIDS – vaksinasi tidak menjadi cara mencegah seseorang aman dari HIV. Lalu, bagaimana caranya agar bisa terhindar dari penyakit ini? Caranya ialah dengan menghindari segala bentuk kegiatan yang meningkatkan resiko tertular HIV, seperti bergantian jarum suntik dan seks bebas.

Lalu, bagaimana dengan vaksinasi lainnya? Pada umumnya, vaksin atau imunisasi dapat membantu tubuh jadi lebih tahan terhadap serangan virus penyakit. Namun bagi penderita HIV, maka vaksinasi adalah hal yang harus dihindari.

Penderita HIV memiliki kekebalan tubuh yang menurun, berbeda dengan orang sehat. Tidak semua Jenis vaksin aman bagi pasien HIV. Penderita bisa menerima vaksin tertentu dengan syarat, tidak mengandung virus maupun bakteri yang masih hidup di dalamnya.

Maka, penderita maupun orang-orang yang menangani atau merawat pasien HIV harus memahami tentang vaksinasi dan AIDS di mana pemberian vaksinasi justru bisa memperparah kondisi tubuhnya.

Berikut ini efek samping dari vaksinasi pada penderita HIV:

  1. Mengalami nyeri pada bekas suntikan vaksin
  2. Badan terasa lebih lemah
  3. Mual dan tubuh lebih lelah meski tanpa aktivitas fisik yang berat

Selain beberapa efek samping di atas, perlu pula memahami efek dari vaksinasi. Beberapa gejala lanjutannya ialah: vaksinasi bisa memperburuk kesehatan dimana jumlah HIV dalam tubuh justru akan meningkat. Pasien juga bisa mengalami infeksi penyakit tertentu dengan lebih mudah.

Maka dari itulah, pemberian vaksin pada penderita HIV/ AIDS perlu dipertimbangkan kembali.

 

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

17 − fourteen =

×
Hallo