Memahami Pentingnya Cara Penggunaan Antibiotik Secara Tepat

image002Setiap orang tidak selamanya bisa menghindari sakit. Untuk menyembuhkan penyakit, berkonsultasi dengan dokter tentu menjadi pilihan terbaik agar kembali sehat. Saat Anda berkonsultasi dengan dokter, seringkali kita menerima resep berupa antibiotic dengan sejumlah obat penghilang rasa sakit. Mengapa demikian?

Antibiotik sebenarnya adalah obat yang digunakan untuk mengobati penyakit. Antibiotic telah digunakan sejak 70 tahun lalu untuk mengobati penyakit yang disebabkan bakteri. Meskipun bisa menyembuhkan penyakit, tidak tertutup kemungkinan penyakit Anda tidak sembuh apabila Anda mengonsumsi antibiotic. Loh?

Antibiotik merupakan obat yang berfokus pada pembunuhan bakteri dan mencegah penyebaran bakteri. Penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri seperti sinus, radang tenggorokan, infeksi saluran kemih, dan infeksi kulit bisa disembuhkan dengan antibiotic. Penyakit seperti flu, bronchitis, batuk, pilek, atau penyakit lain yang disebabkan virus tidak akan bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotic. Selain itu, pemberian antibiotic yang salah disertai dosis secara berlebihan juga bisa tidak menyembuhkan seseorang. Tidak sedikit antibiotic mempunyai efek samping. Contoh antibiotic yang bisa memberikan efek samping adalah amoxicillin. Amoxicilin dapat menyebabkan efek samping seperti membuat penderita sangat sensitive seperti takut dengan jarum, anaphylaxis, serta kemungkinan menderita Stevens-Johnson syndrome (Sindrom tersebut mengancam kondisi kulit yang mengakibatkan kematian sel-sel kulit sehingga epidermismengelupas/memisahkan diri dari dermis).  Selain amoxicillin, beberapa antibiotic lain bisa memunculkan efek samping beragam seperti infeksi jamur, diare, muntah, atau mual. Bahkan, adapula yang mempengaruhi hingga ke Perubahan kepekaan kulit terhadap sinar matahari, pendengaran yang menurun, pembekuan darah terganggu, pembentukan batu ginjal, serta gangguan darah.

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah jumlah dosis yang diberikan dokter. Dokter sudah menghitung seberapa banyak antibiotic yang sebaiknya Anda konsumsi sehingga Anda sembuh. Mengonsumsi antibiotic secara berlebihan memang tidak mengakibatkan overdosis. Akan tetapi, mengonsumsi antibiotic secara berlebihan dapat mengakibatkan Anda sulit sembuh dengan penyakit yang sama di kemudian hari. Mengapa? Bakteri dapat bermutasi dan resisten dengan antibiotic. Alhasil, dokter akan memberikan antibiotic yang lebih kuat untuk memberantas bakteri. Tidak tertutup kemungkinan antibiotic yang diberikan dokter kemudian hari mempunyai efek samping yang lebih kuat dibanding antibiotic yang Anda konsumsi sebelumnya.

Jadi, apabila Anda sakit, ikutilah saran dokter sehingga Anda bisa segera sembuh. Tidak lupa, habiskan antibiotic yang diberikan sehingga Anda bisa tidak terserang penyakit yang sama untuk kedua kalinya. Semoga cepat sembuh.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!