1512058126281

Manfaat Penerapan Vaksinasi Meningitis

Manfaat Penerapan Vaksinasi Meningitis

Meningitis merupakan salah satu jenis penyakit menular yang berbahaya. Penyakit ini menyerang bagian selaput otak hingga bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegahnya, maka pemberian vaksinasi meningitis cukup efektif.

Pemberian vaksin ini, khususnya diberikan untiuk calon jamaah haji yang akan berangkat. Hal ini karena negara Saudi Arabia adalah wilayah yang sangat tinggi resiko penularan dari penyakit berbahaya ini.

Vaksinasi Meningitis Sebagai Langkah Pencegahan

Bagi yang akan pergi ke luar negeri pemberian vaksinasi meningitis memang penting, karena penularan penyakit ini sangat mudah bagi yang belum diberikan vaksin. Virus ini bisa menular melalui batuk, bersin, ciuman, dan berbagi peralatan dengan pasien penderita meningitis.

Selain pemberian vaksinasi meningitis, ada cara mudah dan simpel untuk mencegah tertularnya virus ini, yaitu dengan:

  1. Rajin mencuci tangan, utamanya dengan sabun
  2. Menerapkan pola hidup sehat dan juga bersih
  3. Meningkatkan kekebalan tubuh dengan makan makanan sehat
  4. Menutup mulut saat batuk
  5. Menutup mulut diwaktu bersin
  6. Tidak berbagai alat makan maupun mandi dengan pasien meningitis
  7. Memakai masker bagi jamaah haji maupun umroh

Bagi orangtua, perlu diketahui bahwa vaksinasi meningitis bukan termasuk vaksin wajib bagi anak. Jika menginginkan penerapan vaksin ini, maka perlu dikonsultasikan ke dokter. Karena pemberiannya tak boleh sembarangan. Di Indoensia, pemberian vaksin ini wajib bagi calon jamaah haji yang hendak berangkat ke tanah suci.

Vaksinasi meningitis bisa pula diberikan kepada bayi atau anak dibawah usia lima tahun yang hendak bepergian ke luar negeri. Pemberiannya secara bertahap. Efektivitas vaksinasi meningitis ini juga berbeda, bergantung dengan sistem kekebalan tubuh. Bagi anak-anak, manfaat vaksin bisa efektif hingga dua hingga tiga tahun. Sedangkan bagi orang dewasa bisa efektif hingga 10 tahun.

Seperti halnya pemberian vaksin lainnya, vaksinasi meningitis bisa menimbulkan efek samping. Salah satunya adanya ruam di sekitar tempat suntikan. Bisa pula diikuti dengan demam ringan meski jarang terjadi. Beberapa orang juga bisa mengalami muntah setelah vaksinasi ini.

 

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

thirteen − one =