Makanan-makanan Sumber Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral membantu tubuh anda untuk bekerja sebaik mungkin. Ada 13 jenis vitamin dan masing-masing vitamin memiliki fungsi yang berbeda, mulai dari membantu anda mempertahankan diri dari infeksi, memelihara kesehatan syaraf, hingga membantu tubuh menyerap energi dari asupan makanan. Dalam rangka merayakan Hari Gizi Nasional yang jatuh pada tanggal 25 Januari, melalui artikel ini In Harmony Clinic menyampaikan informasi mengenai beberapa makanan yang relatif mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, namun memiliki kandungan gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh

Dengan memelihara asupan makanan sesuai dengan pedoman Gizi Seimbang yang dicanangkan pemerintah, tubuh seharusnya sudah mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan dalam jumlah yang cukup.  Meskipun kita bisa mendapatkan asupan tambahan dari suplemen, tetapi sumber alami dari makanan yang padat gizi tetap yang terbaik.  Pasalnya makanan padat gizi tidak hanya mengandung vitamin dan mineral yang kita inginkan, tetapi juga berisi zat gizi lain yang berguna bagi tubuh seperti serat dan kalsium. Beberapa makanan padat gizi yang relatif mudah ditemukan dan bisa anda gunakan dalam menu diet anda adalah seperti berikut ini :

Ubi

ubi

Kandungan vitamin A yang tinggi bisa anda temukan pada umbi-umbian yang satu ini.  Ubi panggang ukuran sedang saja bisa mengandung lebih dari 28.000 IU (International Units) vitamin A, atau lebih tinggi 561% dari nilai asupan harian yang direkomendasikan para ahli gizi. Bayam, ikan, susu, telur, dan wortel juga sumber vitamin A yang baik.

Tubuh membutuhkan vitamin A untuk melindungi kesehatan mata. Beta carotene, bentuk vitamin A yang bisa ditemukan di tumbuhan, memainkan peranan penting dalam mencegah rabun. Vitamin A penting dalam penyembuhan luka dan menumbuhkan kembali kulit, meregenerasi sel kulit mati. Vitamin ini mendukung setiap sel kulit dan bermanfaat dalam memerangi sel kanker kulit.

Kacang Arab

kacang arab

Ikan, telur, dan daging ayam adalah sumber vitamin B6 yang baik, tetapi makanan yang paling kaya akan vitamin ini adalah kacang arab. Secangkir kacang arab mengandung 1.1 mg (miligram) vitamin B6 atau 55%  dari kebutuhan asupan harian anda. Vitamin B6 bermanfaat untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Karena vitamin B6 mampu membantu tubuh mengendalikan tekanan dan tingkat kolesterol dalam darah, vitamin ini menjaga agar tidak ada penumpukan kolesterol yang bisa membuat aliran darah tidak lancar.

Kerang

kerang

Produk-produk hewani adalah sumber terbaik untuk vitamin B12. Kerang-kerangan memiliki kandungan vitamin B12 yang paling tinggi dibandingkan sumber lain. Dalam 3 ons kerang laut, anda sudah mendapatkan 1,402%  dari jumlah total asupan gizi harian yang dibutuhkan. Sumber lainnya dari vitamin B12 adalah salmon, tuna, dan sereal sarapan. Vitamin B12 adalah vitamin yang berguna untuk tubuh dalam hal mendukung metabolism karena vitamin ini dibutuhkan dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa dalam tubuh. Glukosa inilah yang menjadi sumber energi tubuh. Inilah kenapa orang yang kekurangan vitamin B12 akan merasa mudah lelah.

Paprika

paprika merah

Kebanyakan orang menganggap jeruk adalah sumber vitamin C paling baik, namun paprika merah mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan makanan lain : 95 mg per saji. Sumber lainnya termasuk buah kiwi dan brokoli. Vitamin C memiliki banyak fungsi. Termasuk diantaranya adalah menjaga kesehatan gigi dan tulang, memperlambat dan mencegah kerusakan sel, meningkatkan daya tahan tubuh, serta membantu tubuh dalam menyerap zat besi dari dalam makanan.

Ikan-ikanan

salmon

Ikan-ikanan berlemak seperti salmon dan mackarel adalah sumber vitamin D terbaik dari alam. Minyak ikan cod adalah yang paling tinggi kandungan vitamin D nya, 1.360 IU per sendok makan.  Susu, sereal sarapan, yogurt, dan jus jeruk adalah sumber vitamin D lainnya. Vitamin D mampu mencegah tumbuhnya kanker payudara, kolon, dan rahim. Ini karena vitamin D mampu menjaga kesehatan sel. Vitamin D juga mampu menjaga kadar estrogen dalam tubuh tetap seimbang.

Bayam

sayur bayam

Folat bisa ditemukan di banyak jenis makanan termasuk sayuran hijau, buah, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Tapi bayam adalah salah satu sumber folat yang paling tinggi konsentrasinya, 131 mcg per setengah cangkir (direbus) atau 33% dari kebutuhan asupan harian anda. Asam folat, jenis folat buatan manusia juga umumnya sering ditambahkan pada roti, sereal, dan biji-bijian.

Asam folat tidak hanya bermanfaat untuk ibu hamil saja, tapi berguna bagi semua orang dari anak hingga dewasa, untuk mencegah terkena penyakit liver dan menjaga kesehatan ginjal.

Jangan lupa variasikan menu anda sehari-hari supaya asupan gizi anda beragam dan tidak membosankan. Kombinasikan asupan makanan sehat dengan aktivitas fisik seperti olahraga kardio dan angkat beban untuk mencapai hasil maksimal. Menjaga tubuh agar selalu bugar dan sehat akan memperkecil resiko terserang penyakit. Di samping memelihara gaya hidup sehat serta makan-makanan penuh vitamin dan mineral, tubuh kita bisa kebal terhadap beberapa penyakit serius seperti hepatitis A dan B jika diberikan vaksin. Informasi lengkap mengenai vaksinasi, imunisasi, dan kesehatan bisa anda dapatkan di twitter In Harmony Clinic @vaksinasi atau hubungi nomor telepon 021- 4248790. In Harmony Clinic, We Choose to Prevent.

 

 

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!