Liburan ke Luar Negeri Tanpa Beban

Liburan ke Luar Negeri Tanpa BebanMelakukan perjalanan wisata ke luar negeri memang sedang menjadi tren akhir-akhir, apalagi melihat maskapai penerbangan yang berlomba-lomba menawarkan harga tiket terbaik dan belum lagi hotel yang tak ingin kalah, menawarkan promo yang menggoda. Mengunjungi negara lain dapat meninggalkan kenangan indah yang akan bertahan seumur hidup. Di negeri orang yang memiliki pemandangan indah, dan budaya kelas dunia juga dapat memperluas wawasan. Melakukan perjalan akan menjadi salah satu pengalaman yang unik dan sulit diupakan. Semua orang menginginkan perjalanan mereka berkenang. Untuk mendapatkan itu semua, diperlukan persiapan. Apa saja persiapan itu?

Persiapkan Keuangan

Pastikan Anda telah melakukan perkiraan biaya melakukan liburan ke luar negeri. Periksa berapa biaya masuk dan keluar, karena beberapa negara memberlakukan hal tersebut. Bila diperlukan, siapkan catatan khusus yang menampilkan daftar pemasukan dan pengeluaran. Anda tidak mau ‘kan menjadi bangkrut setelah liburan. Pastikan kartu kredit dapat digunakan di luar negeri. Sangat direkomendasikan untuk menukarkan ke bank atau ATM negara yang dikunjungi untuk menukarkan mata uang. Sediakan uang cash lebih karena tidak di semua tempat dapat menggunakan kartu kredit.

Lakukan penelitian lokal

Pesan tiket dari jauh hari untuk mendapatkan penawaran lebih murah. Selain itu, jangan lupa membawa buku panduan yang di dalamnya memuat peta, kata kunci, dan memberikan cukup detail mengenai tempat wisata agar tidak repot membelinya di negara tersebut. Pastikan Anda telah mencari tahu tentang acara apa saja yang akan digelar di negara tersebut agar tidak terlewatkan saat liburan. Misalnya festival tahunan, upacara adat, maupun peristiwa alam. Anda perlu mencari tahu kuliner lokal yang wajib dicoba dari negara itu. Contohnya seperti festival masquerade (pentas topeng) di Italia atau Festival San Fermin di Spanyol, atau Pesta Kembang Api di Hongkong, semua informasi mengenai berbagai event bisa Anda dapatkan di internet atau mungkin Duta Besar negeri tujuan Anda. Jangan lupa mempelajari budaya, bahasa, dan juga kebiasaan negara yang akan Anda kunjungi.

Passport dan Visa

Pasport dan Visa tidak bisa dilupakan dalam daftar barang yang perlu dilakukan, tanpa mereka Anda tidak akan dapat mengunjungi negara lain. Jika passport Anda belum pernah diperbarui, sangat disarankan untuk memperbarui passport dan visa Anda. Selain itu jangan lupa membawa kartu identitas, kartu ATM , dan kartu kredit. Takut surat-surat penting tersebut hilang? Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda memindai dan membuat salinan (berupa foto copy-an) dokumen-dokumen penting sebelum berlibur ke luar negeri. Jika Anda memiliki salinan dokumen-dokumen penting, proses pelaporan dokumen yang hilang serta menggantinya dengan dokumen yang baru dapat dipercepat. Jangan lupa untuk memasukkan hasil salinan dokumen di dalam koper dan tas ransel Anda.

Alat elektronik

Bawalah adaptor pengisi daya (power bank) untuk perangkat elektronik Anda seperti gadget Anda. Beberapa negara memiliki ukuran colokan dan tegangan berbeda. Kemudian aktifkan kemampuan global ponsel. Akan ada biaya tambahan untuk melakukan ini, tetapi jauh lebih sedikit daripada biaya roaming yang akan dikenakan jika tidak mengaktifkannya sesegara mungkin. Anda bisa memilih untuk mengganti SIM card Anda dengan SIM card negara tujuan Anda.

Bagasi dan berkemas

Kemasi pakaian ekstra ke dalam tas. Jika Anda kehilangan koper, Anda masih memiliki pakaian yang bisa dipakai. Setiap maskapai penerbangan memiliki ketentuan untuk jumlah koper yang dapat dibawa dengan gratis. Pastikan Anda membawa barang-barang yang sesuai dengan kebutuhan, hal ini dilakukan untuk menghindari biaya tambahan. Bawa juga makanan ringan mengisi perut dalam perjalanan sebelum menemukan restoran. Selain itu, untuk memperhatikan kualitas jajanan Anda selama berada di luar negeri dan jangan lupa perbanyak konsumsi air putih.

Kesehatan dan keamanan

Dalam menyusun rencana liburan adalah mempersiapkan diri, terutama kesehatan Anda. Bukan hanya menyiapkan uang yang cukup, menjaga kondisi tubuh tetap fit adalah hal yang penting. Jagalah kondisi Anda agar tetap fit. Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mengunjungi melakukan riset di internet mengenai kondisi negara yang dituju. Lebih baik repot sejak dini, daripada sakit saat berlibur. Tidak seru ‘kan, Anda tidak dapat menikmati perjalanan wisata Anda hanya karena sakit. Selain itu, wajib untuk mengetahui kira-kira penyakit apa yang kemungkinan sedang mewabah di negara yang Anda kunjungi. Anda bisa mencari tahu melalui website CDC (Center Disease of Control) www.cdc.org atau melalukan temu janji dengan dokter. Ingin tampil prima selama travelling? Anda bisa melakukan vaksinasi. Cari tahu penyakit apa yang kerap mewabah di negara yang Anda kunjungi. Persiapkan waktu tersendiri untuk mendapatkan vaksinasi, paling tidak sebulan sebelum waktu keberangkatan.

Ingin menikmati waktu berlibur tanpa penyakit yang mengancam, Anda bisa membaca tulisan kami selanjutnya mengenai vaksinasi khusus liburan.

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

seventeen − 16 =