cegah kanker serviks

Lebih Baik Mencegah Kanker Serviks

Lebih Baik Mencegah Kanker Serviks

 

cegah kanker serviks

Kanker serviks memang masih jadi penyakit yang diwaspadai seluruh wanita di dunia. Ada yang sudah terkena Kanker Serviks ini dan berobat, melakukan operasi, kemoterapi, dan lain sebagainya. Namun tidak ada salahnya mencegah daripada mengobati. Namun apakah ada upaya pencegahan Kanker Serviks ini?

Upaya Pencegahan Kanker Serviks

Tentu saja ada. kanker serviks memang tidak begitu menunjukkan gelaja yang sangat kentara di tahap awal. Akan tetapi beberapa upaya di bawah ini mungkin saja berfungsi dengan sangat baik untuk mencegah penyakit kanker serviks hinggap di tubuh anda.

Upaya pencegahan Kanker Serviks yang pertama adalah dengan bicara dengan keluarga, teman-teman, saudara, sahabat dekat da konselor yang sekiranya bisa membantu. Anda juga bisa menanyakan dokter tentang komunitas penyintas atau survivor dan juga pengidap kanker. Upaya kedua adalah melakukan pap smear. Ini adalah cara yang terbaik untuk menemukan perubahan sel serviks atua virus HPV di dalam serviks. Penting sekali untuk melakukan follow up terhadap tes ini dengan dokter agar anda bisa mendapatkan perawatan dengan tepat waktu.

Apabila anda usianya di bawah 26 tahun, Anda bisa mendapatkan vakisn HPV juga yang bisa melindungi anda dari jenis HPV 16 dan 18. Jenis HPV itu merupakan yang paling ganas menyebabkan Kanker Serviks. Lalu upaya yang selanjutnya adalah dengan menghindari HPV dengan melakukan hubungan seksual yang aman. Anda bisa mengunakan kondom dan tak bergonta-ganti pasangan seks. Namun kondom tak menjamin memberikan perlindungan 100% pada anda. Untuk yang terakhir adalah jalani gaya hidup yang sehat untuk mencegah kanker berkembang ke stadium yang jauh lebih serius lagi. Misalnya anda jaga pola makan dengan nutrisi yang seimbang, rajin berolahraga sesuai saran dokter, istirahat cukup, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol. Dan mengurangi paparan zat yang berbahaya misalnya pestisida, polusi, dan juga makanan-makanan kemasan.

Terlihat upaya-upaya pencegahan Kanker Serviks di atas sangat mudah. Namun prakteknya banyak yang kesulitan. Maka dari itu, mantapkan hati guna cegah kanker serviks sejak dini.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

18 − 1 =

×
Hallo