Latar Belakang Imunisasi Dewasa

vaksinasi rutin untuk dewasaTahukah Anda bahwa orang dewasa juga memerlukan imunisasi ? Ya, tidak hanya anak-anak yang memerlukan imunisasi. Manfaat imunisasi pada anak telah diyakini dapat mencegah penularan berbagai penyakit infeksi. Pemerintah telah melaksanakan program imunisasi anak di tingkat pelayanan primer. Namun demikian manfaat imunisasi pada orang dewasa belum sepenuhnya diyakini petugas kesehatan apalagi orang awam.

vaksin khususKebijakan imunisasi di Indonesia masih mengutamakan bayi dan anak-anak sehingga membuat peran imunisasi dewasa terabaikan. Selain itu, kurangnya sosialisasi kepada masyarakat menyebabkan minimnya pengetahuan masyarakat mengenai imunisasi dewasa.
Pentingnya Imunisasi Dewasa

Padahal American Society of Internal Medicine dalam pertemuan tahunannya di Atlanta, Amerika Serikat menegaskan kembali bahwa imunisasi pada orang dewasa dapat mencegah kematian seratus kali lipat akibat penyakit yang dapat dicegah dengan vaksin dibandingkan dengan anak. Jadi terdapat peluang besar untuk mencegah kematian orang dewasa melalui imunisasi. Upaya menggiatkan imunisasi dewasa perlu dimulai dengan meningkatkan kepedulian dan pemahaman petugas kesehatan terhadap pentingnya pencegahan.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), imunisasi membuat kita sehat dan sama pentingnya dengan diet dan olahraga dalam menjaga kesehatan, serta aman dan efektif. Dengan demikian, imunisasi bisa menjaga kesehatan sehingga biaya pemeliharaan kesehatan akan lebih murah dan produktivitas tetap terjaga.Walaupun pada masa bayi dan anak sudah divaksin lengkap, kita tetap membuthkan vaksin lagi saat dewasa karena antibodi dari vaksin anak sudah menghilang semuanya setelah usia 18 tahun.

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!