Kuliah di Luar Negeri? Siapa Takut!

Klinikvaksinasi.com – Sastrawan ternama asal Inggris pernah berujar: “you can never be overdressed or overeducated” (“Kamu tidak pernah terlalu banyak berdandan atau terlalu banyak belajar”)

kuliah di luar negeriAda benarnya ungkapan dari Oliver Wilde, belajar tidak pernah mengenal batas, usia, dan tempat. Tidak pernah ada kata “cukup” dalam pendidikan. Dengan berkembangnya teknologi, kesempatan belajar akan terbuka lebih lebar. Tentu saja dengan kesempatan belajar yang semakin luas, kesadaran terhadap pentingnya pendidikan akan bermunculan. Kuliah di luar negeri menjadi tren, setidaknya 5 tahun belakangan ini.

Menurut okezone.com, jumlah pelajar Indonesia yang melanjutkan kuliah di luar negeri terus meningkat setiap tahun. Terdapat 50 ribu pelajar Indonesia yang belajar ke luar negeri pada tahun 2012 dengan tren pertumbuhan sekira 20 persen setiap tahun. Tahun 2013, jumlah pelajar Indonesia yang kuliah di Australia mencapai angka 13.000 orang. Tahukah Anda manfaat apa saja yang Anda dapatkan dari kuliah di luar negeri?

Melihat Dunia

Alasan terbesar Anda harus mempertimbangkan program kuliah ke luar negeri adalah kesempatan untuk melihat dunia . Dengan kuliah di luar negeri, Anda akan mendapatkan pengalaman di sebuah negara baru dengan pandangan yang baru , kebiasaan dan kegiatan yang juga baru. Dengan belajar di luar negeri, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk melihat medan baru , keajaiban alam , museum dan landmark yang pastinya jauh berbeda dari Indonesia. Tidak hanya itu, Anda dapat melihat negara-negara tetangga juga! Misalnya , jika Anda belajar di Perancis , Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan menuju berbagai bagian Eropa termasuk London, Barcelona , dan Roma dengan kereta api. Seru, kan?
Belajar Sistem Pendidikan

Alasan lain Anda mungkin mempertimbangkan belajar di luar negeri adalah untuk kesempatan untuk mengenal gaya yang berbeda dari pendidikan. Dengan mendaftar di program studi luar negeri , Anda akan memiliki kesempatan untuk melihat sisi lain pendidikan di luar negeri. Anda akan mempelajari sistem pendidikan dari negara tempat Anda belajar . Selain itu, kuliah di luar negeri dapat membantu Anda untuk memahami orang , tradisi , dan budaya. Karena itulah memilih program dan sekolah yang tepat adalah faktor yang sangat penting. Kini, banyak website yang menyediakan informasi seperti www.topuniversities.com atau www.internationalstudents.com yang bisa memberikan panduan sekolah mana yang sesuai dengan Anda.

Mengubah Pola Pikir

Belajar di luar negeri juga dapat mengubah cara Anda melihat segala macam hal melalui kacamata yang berbeda. Sarah Han Departemen Kerjasama Internasional di Dewan Korea untuk Universitas Pendidikan mengatakan, ” Belajar di luar negeri memberikan kesempatan untuk memperluas bidang seseorang pandang dan membantu seseorang untuk memahami dan menganalisis masalah dan fenomena dari jangka panjang, perspektif seluruh dunia. Selain itu, pengalaman jangka panjang dengan memahami budaya lain memiliki kecenderungan untuk membantu satu berpikir obyektif tentang diri sendiri dan negara asal seseorang , mentolerir perbedaan , dan mengakui dan menghargai keberagaman budaya.

Kesempatan Kerja Lebih Luas

Ketika Anda sudah selesai studi di luar negeri dan kembali ke rumah, Anda akan kembali dengan perspektif baru tentang budaya, kemampuan bahasa, pendidikan yang baik, dan kemauan untuk belajar. Banyak siswa memilih untuk bekerja di negara dimana mereka berkuliah karena mereka merasa enjoy tinggal di sana. Pendidikan lokal akan sangat berharga ketika mencari pekerjaan potensial di negara tempat Anda menuntut ilmu. Atau justru kembali ke Tanah Air dan turut serta dalam proses pembangunan, membangun negeri tercinta.

Perluas Jaringan Pertemanan

Kuliah di luar negeri akan menjadi kesempatan yang baik untuk membuat kontak baru dengan berbagai teman yang berasal dari seluruh dunia dan membangun jaringan pertemanan yang luas. Selain itu, menjadi bagian dari komunitas akademis yang beragam secara internasional juga dapat meningkatkan kualitas belajar Anda.

Tambah semangat kuliah di luar negeri? Cari tahu persiapannya sebelum berangkat.

Author Info

No Comments

Post a Comment

9 + one =