Ketahui lah Penyebab Kanker Serviks

Ketahui lah Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks. Apa yang ada dibayangkan oleh anda sebagai wanita? Wanita biasanya sangat takut pada jenis kanker ini. Hampir semua Penyebab Kanker Serviks adalah virus HPV. Namun apakah memang benar itu saja?

Penyebab Kanker Serviks yang Paling Umum

Penyebab kanker serviks

Ada lebih dari 100 jenis HPV, namun sejauh ini cuma ada kira-kira 13 buah jenis virus yang dapat jadi penyebab kanker serviks. Virus ini sering sekali ditularkan lewat hubungan seksual. Dalam tubuh wanita, virua ini sendiri menghasilkan 2 jenis atau 2 macam protein yakni E6 dan E7. Dua jenis protein ini pasalnya sangat berbahaya karena dapat menonaktifkan gen-gen tertentu di dalam tubuh wanita yang mana berperan di dalam proses menghentikan perkembangan tumor.

Kedua protein ini pun memicu pertumbuhan sel-sel dinding rahim wanita dan ini terjadi sangat agresif. Pertumbuhan sel yang tak wajar ini pada akhirnya menyebabkan perubahan gen yang disebut dengan mutasi gen. Mutasi gen ini yang kemudian menjadi penyebab kanker serviks berkembang di dalam tubuh. Beberapa jenis HPV tak menyebabkan gejala sama sekali. Akan tetapi sebagian jenis dapat menyebabkan kutil pada kelamin dan beberapa dapat jadi penyebab kanker serviks. Cuma dokter saja yang dapat mendiagnosis dan bisa memastikan seberapa bahaya jenis virus HPV yang anda alami. Dua buah turunan dari virus HPV yakni HPV 16 dan juga HPV 18 yang diketahui berperan dalam 70% dari kasus kanker serviks. Jenis infeksi HPV ini pasalnya tak menyebabkan gejala apa saja sehingga banyak wanita tak menyadari mereka yang memiliki infeksi. Faktanya adalah kebanyakan wanita dewasa pasalnya pernah jadi “tuan rumah” HPV pada waktu tertentu di dalam hidup mereka.

HPV sendiri bisa mudah ditemukan dengan tes Pap smear. Ini dia kenapa tes pap smear amat penting untuk mencegah Penyebab Kanker Serviks. Tes pap smear ini dapat mendeteksi perbedaan di sel serviks sebelum akhirnya berubah jadi kanker. Apabila anda menangani perubahan sel itu anda bisa melindungi diri dari kanker serviks.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

two × four =

×
Hallo