Kenali Kanker Hati Sejak Dini!

Mengenal Kanker Hati

kanker hati

Hati atau liver merupakan salah satu organ vital tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat penting. Dengan ratusan fungsi yang dijalankan, hati menjadi salah satu organ yang paling kompleks dalam tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa fungsi terpenting dari hati:

  • Menghilangkan racun dari tubuh,
  • Mencerna protein dan lemak,
  • Memproduksi cairan penghancur lemak (empedu) yang membantu pencernaan,dan
  • Membantu mengontrol penggumpalan darah

Nah, salah satu penyakit yang bisa menyerang hati adalah kanker hati. Selain mempengaruhi fungsi hati, kanker hati akan mematikan jika tidak segera ditangani.

Kanker hati terjadi ketika sel-sel di hati mulai tumbuh tidak normal dan akhirnya membentuk tumor ganas. Ada dua jenis kanker hati, yaitu kanker hati primer yang berasal dari hati dan kanker hati sekunder yang dihasilkan dari penyebaran kanker dari organ lain ke hati.

Tanda Atau Gejala Dini Kanker Hati

  1. Urin berwarna gelap

Peningkatan bilirubin dalam darah akan menyebabkan warna urin bervariasi, dari kuning tua sampai coklat. Jika Anda melihat perubahan warna urin Anda menjadi gelap tanpa sebab yang pasti, segera konsultasikan ke dokter.

  1. Gatal

Gatal dapat dianggap sebagai hal biasa dan umum terjadi. Namun gatal juga merupakan salah satu indikasi dari kanker hati. Hal ini dikarenakan efek peningkatan bilirubin dalam tubuh Anda. Gangguan fungsi hati akan mengakibatkan peningkatan bilirubin yang akan menyebabkan gatal-gatal pada kulit.

  1. Pembengkakan Organ Hati

Hati terletak di sisi kanan perut bagian atas, agak ke tengah. Nah, hati yang membengkak akan telihat menonjol pada posisi tersebut. Jika Anda mengalami hal ini, segera tanyakan kepada dokter untuk mencari solusi lebih lanjut.

  1. Merasakan Sangat Kelelahan

Penderita kanker hati biasanya sering mengalami kelelahan tanpa sebab yang pasti. Meskipun kelelahan merupakan hal yang biasa, Anda harus tetap waspada jika Anda ternyata merasakan gejala-gejala kanker hati lainnya.

kanker hati
  1. Berat badan menurun

Hati adalah organ utama yang akan membantu tubuh kita dalam metabolisme. Gangguan fungsi hati akan menyebabkan penurunan berat badan, yang dianggap sebagai salah satu yang paling penting dari gejala tahap awal kanker hati.

Cara Pencegahan Kanker Hati

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mencegah kanker hati:

  1. Vaksinasi terhadap virus hepatitis B.
  2. Hindari mengkonsumsi bahan-bahan yang mengandung karsinogen hati, khususnya alkohol.
  3. Hindari daging berlemak dan lemak hewani. Hindari kacang dan gandum berjamur.
  4. Lakukan skrining secara regular bila Anda termasuk dalam kelompok dengan resiko kanker yang tinggi.

Nah, sekian dulu artikel mengenai kanker hati berikut ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi Anda, khususnya untuk mengenali gejala-gejala yang terjadi pada penyakit kanker hati.

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!