anak

Kenali 3 Jenis Virus Mengancam Balita

Kenali 3 Jenis Virus Mengancam Balita

anak

Virus adalah salah satu yang bisa mengancam kesehatan buah hati sewaktu-waktu. Meskipun sudah menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan, namun terkadang, infeksi virus sulit untuk dihindari.

Apalagi jika buah hati sudah mulai masuk masa pra sekolah dan bergaul dengan lingkungan lebih luas. Maka hal ini bisa meningkatkan resiko penularan penyakit pada buah hati.

Untuk itulah, sebagai orangtua perlu mewaspadai dengan tahu apa infeksi penyakit paling mengancam bagi buah hati. Dengan demikian, maka orangtua bisa mencari tahu pencegahan dan juga cara menanganinya jika infeksi ini menyerang.

Penyakit Akibat Virus Berbahaya bagi Balita

Bagi buah hati yang masih balita, maka perlu mewaspadai beberpaa infeksi penyakit berikut ini:

  • Rubella atau campak jerman

Meski hanya menyerang sekali seumur hidup, namun campak ini wajib diwaspadai. Tanda pertama yang bisa dilihat pada balita yang mengalami rubella adalah tanda kemerahan pada kulitnya. Tanpa penanganan yang benar, maka rubela bisa menjadi penyakit mematikan, bisa menyebabkan cacat atau kematian.

Untuk perawatannya, maka anak bisa diberikan parasetamol untuk menurunkan suhu tubuhnya. Sedangkan untuk pencegahan, maka suntikkan vaksin rubella yang bisa diberikan pada balita sekitar usia 12 hingga 15 bulan.

  • Gondongan

Infeksi akibat virus ini membuat kelenjar bawah telinga dan di bawah dagu membengkak. Akibatnya balita bisa mengalami demam dan sakit saat menelan makanan. Maka jangan heran jika nafsu makan anak tiba-tiba menghilang akibat penyakit ini.

Seperti halnya infeksi penyakit lain, cara pencegahannya adalah dengan pemberian vaksin MMR yang diberikan pada anak balita. Langkah ini sangat penting karena infeksi penyakit tersebut tak cukup dicegah dengan menjaga kebersihan dan makan sehat saja. Penularan yang mudah mebuat si kecil perlu membentuk antibody dari dalam dengan vaksin.

  • Campak

Campak adalah infeksi penyakit yang juga membahayakan pada si kecil. Meskipun merupakan penyakit yang umum ditemui pada naak, namun campak bisa menimbulkan komplikasi. Maka dari itulah, pencegahan akan penyakit ini wajib dilakukan orangtua.

Sebagai tanda awal penularan penyakit ini, si kecil bisa mengalami flu berat, batuk, dan mata berair. Timbul pula bercak putih di mulut. Sebagai pencegahan, vaksin masih menjadi jalan terbaik karena penyakit campak disebabkan oleh infeksi virus.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

seventeen − 5 =

×
Hallo