Kenal Diabetes Lebih Dekat

DiabetesMeski pun jumlah pasien diabetes di Indonesia cukup banyak, masih saja ada mitos-mitos keliru yang dipercaya masyarakat tentang penyakit ini. Oleh para ahli kesehatan, Diabetes juga dikenal dengan nama Diabetes Mellitus. Penderita Diabetes adalah mereka yang memiliki kadar gula darah yang tinggi, entah itu disebabkan oleh produksi insulin yang tidak memadai, atau karena sel-sel tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin, atau keduanya.  Diabetes melitus merupakan penyakit yang kronis.

Indonesia sendiri menempati posisi ke-5 sebagai negara dengan jumlah penderita diabetes tertinggi berdasarkan International Diabetes Federation 2014, yaitu 9,1 juta jiwa. Dalam waktu satu tahun, jumlah penderita diabetes di Indonesia meningkat 600.000 orang. Diperkirakan tahun 2030 nanti, penduduk Indonesia yang menderita diabetes akan mencapai 21 juta orang.

Sayangnya, hampir 70 % penderita Diabetes tidak dapat secara langsung menyadari kondisinya dan belum terdiagnosis. Padahal, dalam jangka panjang, diabetes akan mengganggu fungsi organ vital tubuh, seperti jantung dan ginjal. Karena itu, perlu kesadaran masyarakat untuk melakukan cek kesehatan berkala. Namun, apakah sebenarnya Diabetes?

Kenali Diabetes

Sebelum mengenal Diabetes lebih dulu, perlu Anda ketahui apakah itu Diabetes? Diabetes merupakan sekelompok penyakit yang disebabkan oleh berbagai macam alasan, salah satu penyebab Diabetes karena obesitas. Penderita Diabetes memiliki gula darah yang tinggi atau dikenal dengan sebutan hyperglycemia. Diabetes merupakan gangguan metabolisme pada tubuh.

Gejala-gejala yang kerap ditemukan pada penderita Diabetes adalah sebagai berikut:

  • Sering buang air kecil
  • Gampang haus
  • Penurunan berat badan yang drastis
  • Rasa lapar yang berlebihan
  • Penglihatan yang kabur
  • Mati rasa pada tangan dan kaki
  • Mudah lelah
  • Kulit sangat kering
  • Luka sulit sembuh

Ada tiga tipe Diabetes yaitu tipe 1, 2, dan Gestational. Diabetes tipe 1 dikenal dengan sebutan insulin-dependent diabetes mellitus (IDDM). Tipe ini banyak diderita oleh anak-anak dan remaja. Diabetes tipe 2 yang dikenal juga dengan sebutan non-insulin-dependent diabetes mellitus (NIDDM). Tipe ini dilaporkan paling banyak diderita di seluruh dunia. Tipe Gestational adalah tipe Diabetes yang diderita oleh wanita hamil. Tipe Diabetes ini berkembang selama masa kehamilan, namun kemungkinan besar akan menetap setelah melahirkan. Ada tipe Diabetes lainnya yang disebabkan oleh sindrom genetic yang spesifik, operasi, obat-obatan, dan infeksi-infeksi lainnya.

Komplikasi Diabetes jangka panjang berkembang secara bertahap. Semakin lama Anda menderita Diabetes, komplikasi akan semakin berat. Diabetes berkomplikasi sangat serius dan membahayakan nyawa seperti penyakit jantung, gagal ginjal, gangguan penglihatan dan pendengaran, serta juga Alzheimer.

 

Author Info

No Comments

Post a Comment

20 + 2 =