Kanker Serviks

Pengertian Mengenai Kanker Serviks

gejala kanker serviks

Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim atau kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Kanker ini terjadi pada bagian reproduksi wanita. Sesuai dengan namanya, kanker ini menyerang di bagian servik atau mulut rahim. Leher rahim sendiri berada pada bagian sempit diantara vagina dan rahim, sehingga wanita yang terserang kanker serviks mengalami kondisi abnormal pada bagian tersebut.

Layaknya semua penyakit yang ada di dunia ini, pasti ada pemicu yang bisa menyebabkan seseorang menderita penyakit tersebut. Untuk penyebab penyakit kanker serviks sendiri, sebenarnya disebabkan oleh infeksi virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). HPV akan hilang dengan sendirinya apabila sistem kekebalan tubuh penderita dapat mengatasinya, sedangkan kanker serviks terjadi apabila adanya infeksi yang sukar sembuh dalam waktu lama.

Penyakit ini harus diwaspadai, karena ternyata virus HPV, penyebab kanker serviks ini bisa menyebar dan berpindah-pindah tempat dengan sangat mudah. Virus ini bisa berpindah ke tempat lain melalui perantara cairan, bahkan dengan hanya sentuhan kulit antara individu yang satu dengan yang lainnya.

Kanker serviks sangat mudah disebarkan melalui hubungan seksual. Apabila seseorang terinfeksi virus kemudian menyentuh daerah genital maka akan berpindah dan juga menginfeksi daerah leher rahim. Selain itu penularan virus HPV adalah dari closet WC yang terkontaminasi virus sehingga memungkinkan penderita yang terinfeksi HPV menularkan melalui closet WC ke daerah genital.

Penyebab selanjutnya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok, kurang mengkonsumsi vitamin C dan E, hubungan seks dibawah umur, dan bergonta-ganti pasangan dalam berhubungan seks.

Gejala Kanker Serviks

gejala kanker serviks

Mencegah lebih baik daripada mengobati, itulah sebuah slogan yang tepat untuk penyakit yang mematikan seperti kanker serviks. Meskipun demikian pencegahan seringkali diabaikan karena penderita tidak begitu mengetahui gejala awal dari sebuah penyakit yang diderita.

Kanker serviks dikenal juga dengan the silent killer yaitu penyakit yang sulit ditemukan gejalanya akan tetapi dapat diketahui pada stadium lanjut, tentu saja ini membuat proses pengobatan menjadi sulit.

Perjalanan penyakit dari mulai terinfeksi hingga menjadi kanker dapat terjadi 3-17 tahun. Apabila dilihat dari usia, penderita kanker serviks dialami oleh wanita dalam rentan waktu 35-55 tahun. Namun apabila dihitung dari masa inkubasi, maka wanita lebih rentan terkena virus HPV pada usia 20 tahun atau ketika melakukan aktivitas seksual.

Pada tahap awal, kanker serviks tidak menimbulkan keluhan. Penderita kanker serviks baru bisa merasakan gejala pada stadium lanjut. Biasanya penderita seringkali mengalami gejala nyeri panggul, pendarahan setelah senggama, pendarahan di luar haid atau mengalami keputihan yang tidak normal. Akan tetapi semua gejala diatas tidak dapat dikatakan kanker serviks karena masih harus melakukan serangkaian test yang dapat mendukung kondisi penderita.

Meskipun gejala awal dari kanker serviks sulit untuk diketahui akan tetapi pencegahan dini dapat dilakukan dengan melakukan Vaksinasi. Vaksinasi pada saat remaja yaitu usia 10 tahun dapat memberikan perlindungan hingga mencapai 98%. Oleh karena itu kunjungi In Harmony, karena kami menyediakan jalan keluar bagi kesehatan Anda, termasuk kanker serviks. Outlet-outlet In Harmony tersebar di beberapa area seperti : Jakarta Pusat, Rawamangun, Mangga Dua, Kemayoran, Kalideres, Cibubur, Bintaro, BSD, serta Serpong. Atau Anda juga bisa kunjungi kami di Klinik Vaksinasi atau In Harmony Clinic atau silakan hubungi kami di Call Center kami di 0214220214 / 50305050 atau email di [email protected]

Author Info

No Comments

Post a Comment

error: Content is protected !!