Kanker Serviks di Indonesia Meningkat, Bagaimana Langkah Pencegahannya?

Tidak banyak orang yang menyadari bahwa Kanker Serviks di Indonesia semakin meningkat serta menjadi pembunuh nomor 1 bagi wanita Indonesia. Bahkan menurut hasil penelitian yang diadakan oleh Yayasan Kanker Indonesia, dari 40 wanita terjangkit, ada 20 yang akhirnya meninggal. Itu lah mengapa tak berlebihan jika kita menyebut bahwa kanker serviks merupakan salah satu momok yang paling menakutkan bagi wanita di Indonesia. Lantas, bagaimanakah caranya mencegah kanker serviks ini?

kanker serviks di indonesia

Cara Mencegah Kanker Serviks di Indonesia

Pada hakikatnya, kanker yang berkembang di daerah leher rahim secara tidak terkontrol karena disebabkan karena adanya infeksi virus HPV (Human Papiloma Virus) ini bisa ditularkan dengan hubungan seks : melalui oral, anal atau vagina. Mengingat banyaknya kasus Kanker Serviks di Indonesia di bawah ini adalah cara-cara pencegahannya :

  • Rutin Pap Smear

Pap smear adalah satu cara yang paling baik untuk mencegah kanker serviks. Metode screening yang satu ini memiliki fungsi untuk mendeteksi sel-sel di dalam leher rahim yang mana punya potensi menjadi kanker. Disarankan untuk wanita melakukan pap smear tiap 3 tahun sekali untuk wanita 21-30 tahun. Untuk pap smear dengan tes HIV setiap 5 tahun sekali. Namun jangan lupa konsultasikan ini pada dokter Anda juga.

  • Hindari merokok

Ini adalah tindakan pencegahan yang paling mudah. Pasalnya racun rokok sifatnya oksidatif sehingga racun itu bisa memicu sel kanker yang muncul dan bisa bertambah ganas.

  • Mendapatkan vaksinasi HPV

Yang terakhir untuk pencegahan Kanker Serviks di Indonesia dengan melakukan vaksinasi HPV untuk wanita dan juga laki-laki yang usianya 9-26 tahun. Idealnya memang vaksin ini untuk mereka yang secara seksual belum aktif, Namun jika yang sudah aktif dan belum pernah melakukan sangat disarankan.

Itu lah beberapa langkah untuk mencegah kanker serviks paling tidak untuk diri Anda sendiri. Jangan sampai menunggu Kanker Serviks di Indonesia semakin meningkat jumlahnya karena bisa jadi Anda salah satunya. Oleh sebab itu, lakukan pencegahan sedini mungkin untuk tubuh Anda dan orang-orang yang Anda cintai.

Author Info

admin

Comment ( 1 )

Post a Comment

seventeen − seven =