Kala Tampil Sehat dan Prima Bukan Lagi Impian Semata

tampil sehatDokter jantung terkemuka Dr. Clyde Yancy , kardiolog Kanada berpendapat bahwa hidup hingga usia 100 tahun bukan sebuah kebetulan atau impian. Menurutnya, perubahan gaya hidup seperti mengatur pola makanan, tidak merokok, dan mengendalikan kadar kolesterol Anda merupakan beberapa cara mudah yang untuk menambahkan dekade ekstra atau lebih untuk rentang hidup Anda .

Menurut Yancy, 90 persen orang bisa hidup sampai usia 90 dan bahkan mencapai 100 dengan menjalani gaya hidup yang sehat . Langkah-langkah lain yang mengatur tekanan darah , mengelola diabetes, makan makanan yang sehat dan mendapatkan aktif .

Langkah-langkah ini juga akan menghemat biaya yang kebanyakan dikeluarkan untuk berbagai macam obat-obatan. Diabetes, salah satu “mesin” pembunuh terbesar di Inggris Raya berhubungan dengan obesitas.

Tidak kurang dari 2.7 milyar jiwa hidup dengan penyakit jantung dan membunuh satu dari lima pria dan satu dari tujuh wanita . Selain itu, sekitar 200.000 orang meninggal setiap tahun karenastroke, serangan jantung dan penyakit jantung lainnya. Semua resiko ini bisa dikurangi dengan mengontrol tekanan darah tinggi . Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan kegiatan mencegah hal ini bisa terjadi.

  • Tidak Takut Bergerak. Jarang berolahraga dapat memotong hampir empat tahun dari usia Anda. Mereka yang secara fisik tidak aktif kemungkinan dua kali lebih mungkin berada pada risiko penyakit jantung atau stroke. Olahraga yang dilakukan dapat dilakukan dengan olahraga yang ringan.
  • Kolesterol Terkendali. : Kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan penumpukan deposit lemak pada arteri Anda sehingga mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Kolesterol bisa dikendalikan dengan gaya hidup sehat, termasuk mempertahankan berat badan dalam nilai yang ideal.
  • Menjalani Diet Sehat. Diet bukan berarti Anda harus kelaparan, diet lebih tepatnya menjaga pola makan. Makan makanan yang sehat seperti mengonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan Anda. Selain itu, kurangi makan makanan yang terlau banyak minyak seperti gorengan, kunin telur, dan makanan yang mengandung santan.
  • Kendalikan Tekanan Darah. Tekanan darah tinggi sering disebut-sebut sebagai ‘silent killer’ karena tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan atau gejala yang signifikan. Dengan mengetahui dan mengontrol tekanan darah Anda, Anda dapat mencegah risiko stroke hingga 40 persen dan risiko serangan jantung hingga 25 persen.
  • Menjaga Berat Badan. Hampir dua pertiga dari orang Inggris menderita obesitas (kelebihan berat badan) . Obesitas merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Menjadi gemuk dapat mengurangi masa hidup Anda dengan hampir empat tahun
  • Waspada dengan Diabetes. Diabetes meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), penyakit arteri koroner, dan stroke, terutama jika Anda memiliki kadar gula darah Anda tidak terkontrol.
  • Berhenti Merokok. Hampir semua perokok—terutama perokok aktif– memiliki kemungkinan menderita penyakit jantung, kanker paru-paru dan bronkitis kronis. Namun jika Anda mulai mengurangi atau bahkan berhenti merokok secara perlahan, risiko penyakit jantung dan stroke dapat menurun

Ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan untuk pencegahan penyakit. Seperti apa pencegahannya? Jangan lewatkan tulisan kami berikutnya.

 

 

Author Info

No Comments

Post a Comment