jumlah penderita hpv

Jumlah Penderita HPV di Indonesia

Jumlah Penderita HPV di Indonesia 

Kanker leher rahim atau yang disebut dengan kanker serviks adalah momok bagi perempuan Indonesia. Pasalnya, kanker serviks ini menjadi pembunuh nomor 2 di dunia setelah kanker payudara. Yang lebih mengejutkan lagi adalah Penderita HPV yang merupakan awal mula penderita Kanker Serviks di Indonesia berada di posisi kedua paling tinggi di Asia Tenggara. Per tahunnya, penderitanya mencapai 13.762 orang tiap tahunnya terkena kanker serviks ini.

jumlah penderita hpv

Jumlah Penderita Kanker Serviks di Indonesia Tertinggi di Asia

Tiap hari ada sebanyak 38 kasus baru kanker serviks yang terdiagnosa dan. Dan ada kira-kira 21 perempuan meninggal dunia karena kanker ini per harinya. Mengapa bisa demikian? Berdasarkan, keterangan dari Junita Indarti selaku Koordinator Pelayanan Masyarakat Departemen Obsteri&Ginekologi FKUI-RSCM, banyak sekali perempuan Indonesia yaitu sebanyak 62% yang mana datang memeriksakan diri mereka ke dokter, setelah mereka tahu bahwa mereka menderita kanker serviks stadium lanjut.

Di samping itu, karena adanya program skrining belum banyak tersedia, dan juga sumber dayanya masih rendah, begitu pun dengan fasilitas yang masih rendah. Itu lah mengapa Penderita HPV yang akhirnya menjadi penderita Kanker Serviks makin banyak. Ia sendiri menuturkan bahwa sebanyak 92% dari lesi prakanker serviks ini tak ada gejalanya. “Apabila terdeteksi di tahap lesi prakanker, dan juga ditangani dengan penanganan yang baik, maka angka kesembuhannya bisa mendekati 100%,” katanya dalam acara Kalbe Edukasi Pencegahan Kanke Serviks tepatnya tahun 2014 lalu.

Diskusi tentang pencegahan kanker serviks yang mana diadakan PT Kalbe Farma Tbk lewat unit usaha laboratorium Kalgen DNA yang juga berkerja sama dengan Komunitas Saveher ini pasalnya mengangkat tema Be Aware, smart anda protected from Cervical Cancer.

Ini sebenernya cukup memprihatikan karena Penderita HPV yang berisiko tinggi menjadi penderita Kanker Serviks bisa ditekan dengan adanya pemeriksaan lebih dini. Pada tahap awal memang penyakit mematikan ini tak menunjukkan gejala apa pun. Apalagi infeksi HPV merupakan infeksi umum yang mana menyerang 50-80% wanita yang telah melakukan kontak seksual.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

fifteen − five =

×
Hallo