Jenis Vaksin HPV

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi pada sel-sel leher rahim yang terletak pada bagian rahim yang terhubung ke vagina. Human Papillomavirus atau HPV adalah virus yang menyebabkan sebagian besar kasus kanker serviks, yaitu salah satu penyakit menular seksual yang sangat menular melalui hubungan seksual atau kontak langsung kulit ke kulit di daerah genital.

vaksin hpvvaksin hpv

Virus HPV memiliki beragam jenis. Sekitar 40 persen dari seluruh jenis HPV dapat menyebabkan infeksi di daerah kelamin. Di samping itu, beberapa jenis tertentu dapat memicu kanker serviks.

Berikut ini beberapa jenis vaksin HPV yang kini dapat dimanfaatkan guna mencegah virus HPV, yaitu :

  1. Cervarix

Vaksin jenis ini akan mencegah infeksi HPV-16 dan HPV-18 yang secara umum menjadi penyebab kanker. Vaksin HPV ini ditujukan hanya untuk wanita.

  1. Gardasil

Vaksin jenis ini digunakan untuk mencegah kanker dan pra kanker serviks, vulva, vagina dan anus. Selain mencegah infeksi yang disebabkan HPV-16, HPV-18, Gardasil juga menangkal infeksi HPV-6 dan HPV-11 sebagai penyebab kutil kelamin. Untuk laki-laki, penggunaan vaksin ini dapat dilakukan mulai dari usia 9 tahun.

  1. Gardasil 9
Gardasil 9

Cakupan pencegahan infeksi HPV dari vaksin ini lebih luas dari Gardasil sebelumnya, yaitu termasuk HPV-31, HPV-33, HPV-45, HPV-52, dan HPV-58 yang terkait erat sebagai penyebab kanker serviks. Untuk laki-laki, Gardasil 9 dapat digunakan untuk usia 9-15 tahun.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

1 + eight =