Jadwal Imunisasi Anak

Pada artikel ini, In Harmony Clinic akan membahas mengenai Jadwal Imunisasi Anak. Imunisasi Anak yang utamanya akan dibahas pada artikel ini adalah imunisasi yang baru bisa diberikan bagi anak-anak mulai dari usia 6 bulan. Pada usia mulai dari 6 bulan, anak sudah dapat diberikan imunisasi Influenza, campak, MMR, Tifoid, Hepatitis A, Varisela, dan HPV. imunisasi anak1

Imunisasi Influenza sudah bisa diberikan sejak anak berusia 6 bulan. Imunisasi ini lantas diulang setiap tahun. Perlu diketahui bahwa virus influenza sifatnya mudah bermutasi sehingga ada kalanya meski sudah menerima vaksin, anak masih dapat terkena flu; Ini karena . Namun, meskipun terkena flu, imunisasi influenza membuat flu yang diderita anak tidak seberat jika anak tidak menerima imunisasi. Untuk anak usia 6 bulan sampai kurang dari 3 tahun, dosis yang diberikan adalah sebanyak 0,25 mL.

Imunisasi Campak diberikan pertama kali pada saat usia anak 9 bulan. Selanjutnya booster untuk imunisasi campak ini bisa diberikan pada saat anak berusia 2 tahun. Namun menurut panduan jadwal imunisasi anak yang dirilis oleh IDAI, jika anak telah mendapatkan imunisasi MMR pada saat usia 15 bulan, booster imunisasi campak boleh diberikan setelah anak berusia lebih dari 2 tahun.

Imunisasi MMR (Mumps, Measles, & Rubella atau Campak,Gondongan, & Campak Jerman) diberikan saat anak berusia 15 bulan. Imunisasi MMR kadang menimbulkan efek samping ringan seperti demam. Pada beberapa anak, efek samping yang timbul berupa munculnya pembengkakan di leher dan pipi. Namun pembengkakan ini akan segera kempes dengan sendirinya dan tidak berbahaya. Bagi imunisasi MMR yang diberikan pada remaja dan perempuan dewasa efek samping dapat berupa kaku di persendian terutama mereka yang belum pernah mendapatkan imunisasi rubella sebelumnya.  Pada kasus yang lebih langka lagi, vaksin MMR bisa menyebabkan reaksi alergi yang serius. Reaksi ini muncul pada orang yang pernah memiliki reaksi alergi terhadap antibiotik neomycin atau reaksi alergi pada komponen MMR lainnya. Karenanya vaksin MMR tidak sebaiknya diberikan pada orang-orang dengan alergi tersebut.imunisasi anak2

Untuk Imunisasi Tifoid dan Hepatitis A, imunisasinya baru bisa diberikan saat anak berusia 2 tahun.

Sedangkan imunisasi varisela sudah dapat diberikan saat anak berusia 1 tahun.  Seandainya imunisasi varisela diberikan pada anak berusia 12 tahun, dibutuhkan 2 dosis dengan jarak antara masing-masing dosis satu bulan.

Hubungi klinik vaksin dan imunisasi nomor 1 di Indonesia, In Harmony Clinic untuk layanan imunisasi anak terbaik. Tim medis kami akan dengan senang hati membantu memberikan saran dan solusi tepat yang dibutuhkan oleh Anda dan keluarga. Klinik vaksinasi In Harmony Clinic bisa Anda hubungi melalui nomor 021-4240214 dan 021-4228790.

Kunjungi juga media sosial kami untuk info-info menarik seputar imunisasi:

image006@vaksinasi

image008@vaksinasi

image010Imunisasi Bayi Anak dan Dewasa

Kami harap informasi mengenai jadwal imunisasi anak ini cukup informatif dan memberikan wawasan baru yang berguna bagi Anda. Kehadiran Anda dan si kecil di klinik kami sangat kami nantikan. In Harmony Clinic, #IChooseToPrevent.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

5 × 5 =