Ini Dia Penyebab Kanker Serviks

Kanker serviks adalah kanker yang muncul pada leher rahim wanita. Bagian ini berfungsi sebagai pintu masuk menuju rahim dari vagina. Penyakit ini tak memandang umur berapapun. Semua wanita bisa menderita penyakit ini. Kanker serviks dimulai ketika sel-sel yang sehat mengalami mutasi genetik atau perubahan pada DNA. Mutasi genetik ini kemudian mengubah sel normal menjadi sel abnormal. Sel yang sehat akan tumbuh dan berkembang biak pada kecepatan tertentu, sedangkan sel kanker tumbuh dan berkembang biak tanpa terkendali.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab kanker serviks

Virus HPV (Human Papilloma Virus)

Virus ini adalah satu-satunya penyebab penyakit kanker serviks. Virus ini memiliki lebih dari 100 tipe, di mana sebagian besar di antaranya tidak berbahaya dan akan lenyap dengan sendirinya. Jenis virus HPV yang menyebabkan kanker serviks dan paling fatal akibatnya adalah virus HPV tipe 16 dan 18. Selain itu kanker serviks juga bisa disebabkan faktor-faktor predisposisi, seperti :

  1. Faktor Ketularan

Bila seorang ibu pernah mengalami kanker serviks dan melahirkan seorang anak, maka anak tersebut memiliki resiko terkena kanker serviks serupa lebih tinggi daripada wanita lain. Ini bisa terjadi karena adany kontak antara sang ibu dan si bayi.

  1. Faktor Penggunaan Obat-Obatan Kontrasepsi

Penggunaan obat-obatan kontrasepsi seperti pil KB dapat meningkatkan resiko seorang wanita terkena penyakit ini. Untuk itu, jika ingin menunda kehamilan, bicarakan solusi tepat dengan seorang dokter ahli agar usaha penundaan kehamilan tidak berakibat buruk pada kesehatan.

  1. Faktor Diet

Diet yang salah adalah diet yang tidak memperhatikan gizi, kurang konsumsi buah dan sayur yang dipercaya memiliki zat anti kanker yang sangat bagus bagi tubuh.

penyebab kanker serviks
  1. Faktor Menjaga Kebersihan Alat Kelamin

Menjaga kebersihan alat kelamin merupakan hal yang mutlak bagi seorang wanita. Bakteri apapun bisa merugikan kesehatan wanita dan mampu meningkatkan resiko terkena kanker serviks. Cara mudah untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan adalah dengan rutin mengganti celana dalam, minimal dua kali sehari.

  1. Nikotin

Sel-sel mulut Rahim yang teracuni oleh nikotin dalam darah juga memiliki kecenderungan mempengaruhi selaput lendir pada tubuh, termasuk selaput lendir mulut rahim yang dapat memicu abnormalitas sel pada mulut rahim. Hal inilah yang membuat resiko penyakit ini lebih tinggi terjadi pada wanita perokok.

Nah, sekian dulu artikel mengenai penyebab kanker serviks berikut ini. Tidak ada salahnya untuk mulai mencegah terjadinya penyakit ini dalam tubuh Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Author Info

Comment ( 1 )

Post a Comment