Ini Beda Virus Dan Bakteri

Ini Beda Virus Dan Bakteri

Infeksi karena bakteri atau pun virus sama-sama akan memicu penyakit dan gejalanya juga seringkali serupa, yaitu meriang, demam, radang, merasa lemas, hidung berair, diare, dan lain-lain. Tetapi tentu saja kedua mikroba ini berbeda dan penanganan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri juga berbeda. Nah, inilah beda virus dan bakteri.

Berikut ini beda virus dan bakteri

bakteri virus

Faktanya virus memang sangat berbeda dengan bakteri. Dari ukurannya saja virus lebih kecil 10 hingga 100 kali dibandingkan bakteri dan merupakan makhluk hidup dengan struktur paling sederhana. Yang paling mendasar, virus hanya dapat hidup pada tubuh inang yang bisa berupa hewan, tumbuhan, serta manusia, sementara bakteri mampu hidup pada benda mati.

Dari metode menginfeksi beda virus dan bakteri adalah bakteri menyerang seperti serbuan tentara yang massif, sementara virus menyerang seperti perang gerilya. Virus tak melakukan serangan secara langsung melainkan menembus ke dalam sel, misalnya sel-sel manusia serta merekayasa materi genetiknya sehingga berubah dari fungsi normalnya untuk menduplikasi diri.

Bakteri membawa seluruh perangkat yang diperlukan untuk berkembang biak serta tumbuh, sementara virus hanya dibekali DNA atau RNA yang dibungkus oleh selubung membrane berupa protein. Untuk berkembang biak virus menggunakan perangkat sel dari inang yang ditinggalinya.

Dapat dikatakan bahwa virus tidak sungguh-sungguh hidup, melainkan menjelajah berupa informasi DNA atau RNA hingga mendapatkan inang yang ideal. Terakhir, sebagian besar bakteri tak berbahaya bagi manusia. Hanya sekitar 1% saja yang memicu penyakit dan kebanyakan justru berguna, seperti menjadi musuh mikroba jahat, melawan sel kanker, menyediakan nutrisi yang dibutuhkan, dan lain-lain

Beda virus dan bakteri yang terakhir adalah, hampir semua virus memicu penyakit dan memilih sel tertentu untuk diinfeksi, misalnya ada virus yang hanya menyerang sel hati, pancreas, darah, system pernapasan, dan sebagainya. Pada beberapa kasus diketahui juga virus dapat menyerang bakteri. Berbagai penyakit yang dipicu oleh infeksi virus, yaitu polio, flu, cacar, kanker serviks, dan lain-lain.

Untuk mengantisipasi infeksi virus yang bisa memicu penyakit adalah dengan vaksinasi.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

three × five =

×
Hallo