Imunisasi Sebelum Menikah: Upaya Cerdas Pencegahan Penyakit

imunisasi sebelum menikahProgram imunisasi yang diupayakan oleh pemerintah memang lebih banyak terfokus kepada bayi, balita, dan anak-anak. Namun tahukah Anda orang dewasa (mereka yang berusia di atas usia 11-12 tahun) juga membutuhkn perlindungan dari bahaya penyakit menular seperti cacar air, kanker serviks, Hepatitis B, dan masih banyak lagi? Inilah mengapa imunisasi untuk orang dewasa benar-benar diperlukan.

Pernah mendengar istilah imunisasi pra nikah? Imunisasi pra nikah merupakan sebuah upaya pencegahan yang dapat dilakukan sebelum Anda menikah. Lalu, vaksin apa saja yang diperlukan?

HPV

Vaksin HPV (Human Papillomavirus) diberikan dalam sebuah paket 3 kali suntik. Vaksin ini dapat melindungi Anda dari infeksi virus HPV dan masalah kesehatan terkait virus HPV. Gadis remaja dan wanita direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin ini.

HPV adalah virus yang menyebar melalui kontak seksual dan merupakan penyebab utama kanker serviks pada wanita . Hal ini juga dapat menyebabkan kutil kelamin dan kutil di tenggorokan. HPV adalah salah satu infeksi menular seksual yang paling umum. Dalam sebagian besar kasus, infeksi virus HPV terdeteksi dalam waktu satu hingga dua tahun. Waktu terbaik untuk mendapatkan vaksinasi HPV adalah sebelum kontak seksual pertama. Itulah mengapa mereka yang menginjak usia remaja direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin Terlepas dari apakah atau tidak mereka aktif secara seksual.

MMR          

Mumps, Measles, and Rubella (MMR) merupakan penyakit menular. Misalnya, Measles atau yang dikenal di Indonesia dengan dengan nama Campak. Campak dikenali memulai berbagai gejala seperti demam, batuk, pilek, dan yang paling mudah dikenali, ruam yang menyebar di seluruh tubuh. Apakah akibatnya jika campak dibiarkan terlalu lama? Virus dapat menginfeksi paru-paru Anda dan dapat menyebabkan pneumonia. Virus campak dapat mengakibatkan peradangan otak (Encephalitis). Ingin tahu lebih banyak mengenai MMR lebih jauh? Anda mendapatkan jawabannya di http://klinikvaksinasi.com/informasi-vaksin-mmr/.

Varicella

Cacar air atau chicken pox adalah penyakit yang ditularkan oleh virus Varicella. Penyakit ini memang umumnya diderita anak-anak, tetapi orang dewasa juga rentan tertular, terutama jika ia belum pernah tertular sebelumnya. Walau disebabkan oleh virus, tetapi penyakit ini harus diobati karena cacar air bisa menyebabkan komplikasi. Perjalanan penyakit ini sulit dikendalikan. Ketika daya tahan tubuh rendah, rentan terkena infeksi sekunder. Orang dewasa yang belum pernah menderita cacar air sebelumnya atau mendapatkan vaksin pada usia 11-12 tahun, direkomendasikan untuk mendapatkan vaksinasi.

Hepatitis B

Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker liver dan pengerasan hati. Padahal hati merupakan organ penting untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Oleh karena itu baik suami maupun istri harus divaksin oleh vaksin Hepatitis B sebelum menikah. Vaksin ini diberikan sebanyak 3 dosis dengan rentang waktu 0-1-6 bulan.

Tetanus

Tetanus sering disebut dengan nama lockjaw karena kejang otot di wajah dan leher dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk membuka mulut , dan ini adalah salah satu gejala yang paling umum dari tetanus . Tetanus adalah penyakit serius yang berakibat fatal pada sampai 30 % kasus. Bakteri yang menyebabkan tetanus dapat ditemukan di dalam tanah, pupuk kandang , atau debu. Saat Anda masih bayi, And asudah mendapatkan vaksinasi tetanus ini, tetapi setelah sekian antibody pun menghilang. Oleh karena itu, Anda direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin Tetanus.

Author Info

No Comments

Post a Comment

three × 1 =