Hidup Sehat, Bebas Penyakit Tanpa Flu

Hidup sehatGaya hidup modern kerap menjadi “magnet” bagi penyakit dan kondisi kesehatan utama untuk menyerang manusia . Diet dengan menggunakan “bantuan” berbentuk aneka produk-produk kemudian ditambah dengan penggunaan aneka kimia, kurang olahraga, dan stres faktor-faktor lain berkontribusi terhadap datangnya penyakit. Meskipun mungkin tampak sulit dilakukan , beberapa perubahan sederhana dalam gaya hidup dapat menjadi pencegahan segala macam penyakit. Salah satu penyakit yang sering menjadi ancaman adalah penyakit flu.

Cara terbaik untuk mencegah flu musiman adalah untuk mendapatkan imunisasi flu setiap tahun , namun kebiasaan kesehatan yang baik seperti meliputi batuk dan mencuci tangan Anda sering dapat membantu menghentikan penyebaran kuman dan mencegah penyakit pernapasan seperti flu. Ada juga beberapa suplemen yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah flu. Center of Disease and Prevention (CDC) menganjurkan beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyakit flu.

O   Hindari Kontak Langsung. Jika rekan di lingkungan sekitar Anda, entah itu di kantor atau rumah, kebetulan terserang flu, lebih baik Anda mulai berwaspada. Hindari kontak langsung dengan penderita flu. Bagaimana jika Anda yang justru menderita flu? Anda sebaiknya menjaga jarak dengan anggota keluarga terdekat atau rekan-rekan Anda. Menggunakan masker bisa menjadi pilihan agar menghindarkan mereka dari bahaya flu.

O   Istirahat di Rumah. Jika memungkinkan, istirahatkan diri Anda di rumah. Hal ini dilakukan agar Anda tidak menularkan virus flu di tempat kerja atau lingkungan Anda.

O   Tutup Mulut dan Hidung. Jika Anda sedang terinfeksi virus flu, tutup hidung dan mulut Anda dengan tangan Anda agar mereka yang berada satu ruangan atau sekitar Anda tidak akan tertular virus flu.

O   Cuci tangan. Cuci tangan Anda sesering mungkin akan membantu melindungi Anda dari kuman . Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pencuci tangan antiseptik berbasis alkohol .

O   Tidak Menyentuh Mata, Hidung dan Mulut. Kuman sering menyebar ketika seseorang menyentuh sesuatu yang terkontaminasi dengan kuman dan kemudian menyentuh nya mata , hidung , atau mulut.

O   Terapkan Gaya Hidup Sehat . Tidak ada salahnya untuk membersihkan tempat tinggal , lingkungan sekitar tempat kerja atau sekolah. Tidak lupa untuk meluangkan waktu khusus untuk istirahat, rajin olahraga, mengelola stres Anda , minum air putih yang cukup , dan makan makanan bergizi.  

 

Author Info

No Comments

Post a Comment