Harga Vaksin Tifoid – Gejala Demam Tifoid Pada Anak

Harga Vaksin Tifoid di Jakarta BaratPenyakit yang harus diwaspadai oleh para orang tua adalah demam tifoid yang mana demam ini sebagai salah satu penyakit yang menular. Meskipun orang dewasa bisa saja tertular penyakit ini, namun anak-anak adalah sosok yang paling rentan tertular penyakit ini. Harga vaksin tifoid murah, jangan ditunda untuk vaksinasi tifoid sejak dini. Harga vaksin tifoid juga sangat terjangkau dan jauh lebih murah daripada biaya total rumah sakit.

Di Indonesia, penderita demam ini jumlahnya masih banyak yaitu sekitar 8000 penduduk per tahun dan tersebar dimana-mana. Masih banyaknya anak-anak kita yang menyukai jajanan yang diragukan kebersihannya turut berperan menyebarkan kuman demam ini. Kunci penanganan penyakit ini adalah penanganan secara dini. Semakin cepat penyakit ini ditangani, maka semakin mudah merelikasi kuman.

Tentang Tifoid
Penyakit Demam Tifoid (bahasa Inggris: Typhoid fever) yang biasa juga disebut typhus atau types dalam bahasa Indonesianya, merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella enterica, khususnya turunannya yaitu Salmonella Typhi terutama menyerang bagian saluran pencernaan. Demam tifoid adalah penyakit infeksi akut yang selalu ada di masyarakat (endemik) di Indonesia, mulai dari usia balita, anak-anak dan dewasa.

Gejala demam tifoid pada anak biasanya memberikan gambaran klinis yang ringan bahkan dapat tanpa gejala (asimtomatik).
1. Demam lebih dari seminggu. Siang hari biasanya terlihat segar namun menjelang malamnya demam tinggi.
2. Lidah kotor. Bagian tengah berwarna putih dan pinggirnya merah. Biasanya anak akan merasa lidahnya pahit dan cenderung ingin makan yang asam-asam atau pedas.
3. Mual Berat sampai muntah. Bakteri Salmonella typhi berkembang biak di hatidan limpa, Akibatnya terjadi pembengkakan dan akhirnya menekan lambung sehingga terjadi rasa mual. Dikarenakan mual yang berlebihan, akhirnya makanan tak bisa masuk secara sempurna dan biasanya keluar lagi lewat mulut.
4. Diare atau Mencret. Sifat bakteri yang menyerang saluran cerna menyebabkan gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun dalam beberapa kasus justru terjadi konstipasi (sulit buang air besar).
5. Lemas, pusing, dan sakit perut. Demam yang tinggi menimbulkan rasa lemas, pusing. Terjadinya pembengkakan hati dan limpa menimbulkan rasa sakit di perut.
6. Pingsan, Tak sadarkan diri. Penderita umumnya lebih merasakan nyaman dengan berbaring tanpa banyak pergerakan, namun dengan kondisi yang parah seringkali terjadi gangguan kesadaran.

Baca juga:

Pencegahan demam tifoid/tipus dengan vaksin tifoid/tipus
Gejala Tipus / Demam tifoid
Kasus kematian akibat tifoid/tipus
mengobati gejala penyakit tipus/tifoid
Bahaya dari penyakit tifoid/tipus
Gejala tipus/tifoid secara umum
Kenali gejala tipes/tifoid dengan baik

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.