Harga Vaksin MMR – Penyakit Gondok Merupakan Pembesaran Kelenjar Tiroid

Harga Vaksin MMR di JogjakartaPenyakit gondok merupakan suatu pembesaran kelenjar gondok (tiroid), yaitu kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah pangkal tenggorokan (depan leher). Penyakit gondok dibedakan menjadi dua jenis, yaitu gondok biasa dan gondok beracun (hipertiroid). Gondok biasa tidak menimbulkan gejala yang serius, tetapi jika tidak ditangani dengan serius maka gondok biasa akan menjadi gondok beracun. Pembesaran kelenjar tiroid menyebabkan keterbatasan aktivitas. Harus diatasi dengan vaksin MMR dan harga vaksin MMR tidak mahal.

Penyakit gondok merupakan penyakit tiroid yang tersering,  endemik  di bagian tertentu dunia dan juga dapat terjadi secara sporadik. Baik endemik maupun sporadik, adanya gondok mencerminkan gangguan sintesis hormon tiroid yang paling sering disebabkan oleh defisiensi yodium dalam makanan. Faktor lain yang sering dihubungkan dengan gondok endemik ialah faktor goitrogen, kelebihan unsur yodium, nutrisi, dan genetik.

Pada penyakit ini, fungsi tiroid dapat normal (gondok non toksik), over aktif (gondok toksik), atau under aktif (gondok hipotiroid). Gondok dapat membesar ke dalam ruang retrosternal, dengan atau tanpa pembesaran substantial anterior. Karena hubungan secara anatomis kelenjar tiroid ke trakea, laring, saraf laryngeal superior dan inferior, dan esophagus, pertumbuhan abnormal dapat menyebabkan sindrom kompresif yang bermacam-macam.

Penyakit gondok disebabkan oleh membesarnya kelenjar tiroid pada leher. Hubungan antara penyakit ini dengan kurangnya konsumsi yodium telah diketahui lebih dari 130 tahun yang lalu. Beberapa abab sebelumnya, penyakit gondok ditangani dengan mengkonsumsikan pasien benda yang kaya akan yodium seperti karang laut yang dibakar. Yodium berinteraksi dengan protein yang disebut dengan thyroglobulin, dan cincin aromatik dari protein ter-iodinisasi. Dua dari molekul yang ter-iodinisasi tersebut berinteraksi, membentuk suatu unit thyroxine yang berikatan dengan protein. Unit aromatik ini kemudian lepas dan menghasilkan suatu hormon tiroid thyroxine yang sangat kuat.

Gondok dapat diatasi dengan vaksinasi MMR yang sudah disediakan pemerintah Indonesia melalui klinik dan rumah sakit. Harga vaksin MMR ini tidak begitu mahal, yang mahal ialah jika kita sudah terkena penyakit gondok ini. Dengan vaksinasi MMR yang harga vaksin MMR murah, anda dapat melindungi tubuh anda dari penyakit gondok, campak, dan rubella.

Baca juga:

Semua anak wajib vaksin MMR
MMR mencakup penyakit campak, gondok dan rubella
Vaksin campak, vaksin yang sangat aman dan dapat melindungi
Penyakit gondok perlu di waspadai
Cara kerja virus rubella
Virus campak menyerang sistem pernapasan dan sistem kekebalan
Cegah penyakit DPT dengan vaksin
Waspadai penyakit rotavirus yang mudah menyerang anak

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.