Harga Vaksin DPT – Efek Samping Vaksin Dpt Terhadap Anak

Vaksinasi atau imunisasi memang sangat luar biasa manfaat nya bagi tubuh kita terutama bagi bayi dan anak. Di Indonesia imuniasi sudah mulai diperkenalkan sejak tahun 1970, karena manfaat yang luar biasa itulah mengapa pemerintah mencanangkan program imunisasi untuk bayi hingga balita, baik vaksin yang dikeluarkan rumah sakit maupun klinik. Harganya untuk imunisasi atau vaksinasi pun berbeda terutama harga vaksin DPT.

Harga Vaksin DPT di JakartaTujuan imunisasi atau vakasinasi
Tujuan imunisasi itu sendiri adalah untuk meningkatkan sistem imun dari tubuh dengan cara memberikan vaksin sehingga bayi akan kebal terhadap penyakit tertentu. Vaksin itu sendiri adalah mikroorganisme yang telah dilemahkan yang bertujuan menginduksi sistem imun dari tubuh untuk membentuk antibodi terhadap antigen tertentu. Vaksin itu ada beberapa: vaksin DPT, vaksin MMR, vaksin Hepatitis, vaksin HPV, dan lain-lain. Dan harga vaksin DPT sangat berbeda dengan harga vaksin lainnya.

Walaupun yang dimasukan adalah mikroorganisme tetapi anda tidak perlu khawatir karena imunisasi tidaklah berbahaya dan tidak menimbulkan efek apapun. Tetapi untuk melakukan imunisasi anda harus berhati – hati dan teliti, imunisasi akan berbahaya jika dilakukan pada saat bayi mengalami panas tinggi karena dapat menyebabkan kecacatan pada otak. Jadi pemberian imunisasi sebaiknya dilakukan ketika bayi dalam kondisi sehat.

Efek samping vaksin DPT terhadap anak
Imunisasi DPT memberikan efek samping dalam kurang nafsu makan, nyeri di area bekas suntikan, muntah dan demam. Manfaat imunisasi memang tidak dapat diragukan lagi akan tetapi beberapa diantara anda khawatir ketika setelah imunisasi bayi anda mengalami peningkatan suhu badannya. Apa yang harus dilakukukan? Anda tidak perlu panik pada beberapa imunisasi termasuk pemberian vaksin DPT (difteri, pertusis, dan tetanus) mengakibatkan perubahan suhu badan pada bayi anda.

Bayi anda akan mengalami kesulitan tidur, lebih mudah menangis dan gelisah ini bukan karena vaksin yang tidak cocok melainkan karena perubahan suhu badan yang membuat bayi anda tidak nyaman. Bahkan berhasil atau tidaknya imunisasi bisa dilihat pasca imunisasi dengan ditandai perubahan suhu badan yang meningkat, panas atau bengkak disekitar area suntikan.

Jangan dianggap sepele tentang imunisasi atau vaksinasi walaupun harga vaksin DPT terbilang murah. Pasalnya bayi yang baru lahir hingga balita membutuhkan imunisasi, guna mencegah serangan penyakit berbahaya, mengingat antibodi mereka belum maksimal.

Baca juga:

Cegah penyakit DPT dengan vaksin
DPT – Difteri Tetanus dan Pertusis
Cara penularan dan penyebab penyakit pertusis
Kinerja dari bakteri difteri
Melalui vaksinasi – Cegah Difteri Tetanus dan Pertusis
Akibat terkena penyakit DPT
Penyakit Rotavirus yang mudah menyerang anak
Polio wajib bagi seluruh dunia

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.