Harga Vaksin DPT – Cara Penularan dan Penyebab Penyakit Pertusis

Harga Vaksin DPT di JogjakartaPertusis merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Bardetella pertusis dengan gejala batuk beruntun dan pada akhir batuk menarik nafas panjang terdengar suara “hup” (whoop) yang khas, biasanya disertai muntah. Hal ini jangan sampai terjadi dengan anak anak dan bayi, harus ditanggulangi dengan imunisasi vaksin DPT. Harga vaksin DPT juga tidak mahal harganya.

Dapat dikatakan juga Pertusis adalah penyakit pernapasan akibat bakteri yang sangat menular dan menyebabkan batuk tidak terkendali, batuk rejan. Batuk dapat membuat kesulitan dalam bernapas. Suara batuk rejan yang dalam sering terdengar saat pasien mencoba untuk mengambil napas.

Cara Penularan Penyakit Pertusis
Penyakit yang sangat menular hanya ditemukan pada manusia dan menyebar dari orang ke orang disebut penyakit Pertusis. Orang dengan pertusis biasanya menyebarkan penyakit melalui batuk atau bersin dengan orang lain yang terdekat, yang kemudian menghirup bakteri pertusis. Banyak bayi yang terkena pertusis terinfeksi dari yang orang dewasa, orang tua, saudara atau pengasuh yang mungkin tidak tahu bahwa mereka memiliki penyakit pertusis. Gejala pertusis biasanya berkembang dalam waktu 7-10 hari setelah terkena, tapi kadang-kadang tidak selama 6 minggu.

Penyebab Penyakit Pertusis
Pertusis umumnya dikenal sebagai batuk rejan, adalah Jenis penyakit menular yang disebabkan oleh jenis bakteri yang disebut Bordetella pertussis. Bakteri ini menempel pada silia (kecil, mirip rambut) dari sistem pernapasan pada bagian atas. Bakteri ini melepaskan racun bakteri yang merusak dan menyebabkan peradangan silia saluran napas.

Pencegahan melalui Vaksin DPT
Vaksin pertusis atau DPT sangat efektif dalam melindungi anda dari penyakit, tetapi tidak ada vaksin yang 100% efektif. Jika Anda telah divaksinasi, infeksi biasanya kurang parah. Jika Anda atau anak Anda terkena batuk berat atau batuk yang berlangsung untuk waktu yang lama, mungkin pertusis. Cara terbaik untuk tahu adalah dengan menghubungi dokter Anda.  Harga vaksin DPT yang ditawarkan beberapa dokter memang bervariasi, tapi pilihlah dokter yang memang ahli dalam bidang vaksinasi atau imunisasi.

Baca juga:

Cegah penyakit DPT dengan vaksin
DPT – Difteri Tetanus dan Pertusis
Kinerja dari bakteri difteri
Efek samping DPT terhadap anak
Melalui vaksinasi – Cegah Difteri Tetanus dan Pertusis
Akibat terkena penyakit DPT
Penyakit Rotavirus yang mudah menyerang anak
Polio wajib bagi seluruh dunia

Author Info

admin

No Comments

Comments are closed.

error: Content is protected !!