Gejala Tipes dan Apa Saja Penyebabnya

Gejala Tipes dan Apa Saja Penyebabnya

Baik anak-anak maupun orang dewasa snagat rentan akan penyakit tipes. Penyakit ini termasuk yang harus diwaspadai karena mudah sekali menular. Khususnya bagi yang memiliki antibody rendah. Maka, bagi semua orang penting untuk tahu penyebab serta gejala tipes.

Dengan demikian, maka sebelum penyakit tambah parah, sudah bisa dilakukan penanganan lebih lanjut oleh dokter.

tipes

Mengenal Gejala Tipes Yang Umum Terjadi

Tipes disebut juga dengan demam tifoid. Biasanya penyebabnya karena jajan sembarangan yang kurang bersih. Maka tak heran jika kebanyakan penderita penyakit ini adalah anak-anak.

Berikut ini beberapa gejala tipes yang umum ditemui:

  • Mengalami demam tinggi hingga 40 derajat celcius
  • Adanya ruam pada kulit
  • Muncul sakit kepala dan nyeri pada otot
  • Hilang nafsu makan
  • Diare maupun sembelit
  • Muntah dan sakit perut
  • Lelah dan lesu meski tak melakuakan aktivitas berat

Itulah tadi beberapa gejala tipes. Jika mengalami gejala tersebut, ada baiknya untuk segera ke dokter. Karena jika dibiarkan tanpa penanganan, penyakit ini bisa menjadi kronis.

Penyakit ini sangat berhubungan dengan pola makan yang sehat. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa jajan sembarangan itu tidak sehat. Di dalamnya bisa ada virus penyakit, termasuk tipes yang masuk ke tubuh. Apalagi jika daya tahan tubuh menurun. Maka resikonya makin besar.

Selain makanan dan minuman yang mengandung bakteri, tipes bisa didapat dari penularan. Maka hindari kontak langsung dengan penderita. Khususnya bagi anak-anak yang daya tahan tubuhnya masih rentan wajib dijauhkan dari orang sakit.

Bagaimana Bakteri Bisa Menyebabkan Gejala Tipes?

Bakteri S. typhi dalam makanan yang ditelah akan masuk ke aliran darah. Selanjutnya akan masuk ke hati, limpa, maupun sumsum tulang. Bakteri akan terus menyerang hingga mengalami gejala demam.

Demam ini merupakan respon tubuh akan bahaya bakteri tersebut. Jika bakteri sudah berkembang, maka akan masuk ke usus dan menyebabkan gejala-gejala lain yang mengikuti.

Penyakit dan gejala tipes tersebut bisa mengancam siapa saja. Maka memperkuat antibody dengan makan sehat sangat penting.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

14 − 10 =

×
Hallo