Flu Burung Mewabah Kembali ?

Flu Burung Mewabah Kembali ?

ayam

Virus Influenza adalah virus yang paling mudah bermutasi dan bahkan virusnya dapat menular antar spesies; dari manusia ke hewan dan sebaliknya. Flu burung merupakan salah satu jenis influenza hewan yang paling terkenal yang dapat menular pada manusia. Bahkan penyakit ini pernah beberapa kali mewabah dan menyebabkan kekhawatiran selama pertengahan tahun 2000an. Namun beberapa hari yang lalu terdapat kejadian yang harus kita waspadai mengenai penyakit ini.

Ditemukan sejumlah ungags mati mendadak pada beberapa kecamatan di Jakarta Selatan. Setelah dilakukan pemeriksaan sampel unggas oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian, disimpulkan bahwa pada unggas-unggas tersebut statusnya positif terkena flu burung (avian influenza/AI). Kondisi ini tentu membuat kita semua, terutama yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, harus waspada.

Adanya kejadian ini mengharuskan kita untuk lebih awas pada kondisi sekitar. Jika Anda menemukan ada unggas yang tiba-tiba mati tanpa sebab yang jelas, segera laporkan ke puskesmas atau dinas kesehatan setempat. Karena penanganan yang cepat dapat membantu mengurangi resiko penyakit ini menyebar dengan lebih cepat.

Semenjak ditemukannya jenis virus penyakit flu ini pada tahun 1997, penyakit ini telah memakan korban jiwa hampir 60% dari orang yang diidentifikasi terjangkit. Ini karena berbeda dengan virus influenza biasa, virus ini mampu mengakibatkan tingkat peradangan yang lebih tinggi pada manusia yang mampu dengan mudah mengarah pada pneumonia dan ISPA. Penanganan yang terlambat dan perkembangan penyakit ke tingkat parah dengan sangat cepat membuat penyakit flu burung menjadi dikenal mengerikan dan lebih berbahaya dibandingkan flu biasa.

Jika mencurigai adanya flu burung di wilayah tempat Anda tinggal, segeralah mendapaktan vaksin influenza di klinik atau rumah sakit terdekat. Vaksin influenza membantu antibody untuk lebih siap dalam menangkal virus influenza. Seandainya pun terkena penyakitnya setelah divaksin, gejalanya tidak akan seberat influenza pada orang yang belum divaksin.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dengan berolah raga dan makan-makanan bergizi. Segera periksakan ke dokter jika Anda merasakan gejala-gejala awal flu seperti pilek, tenggorokan sakit saat menelan, dan demam untuk mendapatkan perawatan dan diagnosis cepat.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

5 − four =

×
Hallo