faktor kanker serviks 1

Faktor-Faktor Risiko Kanker Serviks

Faktor-Faktor Risiko Kanker Serviks

Sampai dengan sejauh ini, HPV (Human Papillomavirus) memang sudah diketahui sebagai penyebab dari penyakit mematikan nomor 2 setelah kanker payudara yang ditakuti wanita, yaitu Kanker Serviks. Namun ada beberapa faktor risiko yang mana dapat meningkatkan peluang anda terkena dampak kanker ini meskipun anda tak memiliki riwayat infeksi HPV. Apa saja faktor risiko yang menyebabkan kanker serviks itu?

faktor kanker serviks 1

Faktor-Faktor Risiko Kanker Serviks

Yang menyebabkan kanker serviks yang pertama memang virus HPV. Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan, artinya bergonta-ganti pasangan, bisa meningkatkan risiko kena HPV Tipe 16 dan 18. Begitu pun dengan perilaku seksual berisiko seperti misalnya seks tanpa menggunakan kondom, atau bermcam-macam mainan seks (sex toys) yang sama. Di samping itu juga, wanita yang tak pernah mendapatkan vaksin HPV tentunya lebih rentan terkena infeksi HPV yang mana bisa menjadi penyebab dari Kanker Serviks. Yang kedua adalah merokok. Tembakau seperti yang sudah diketahui mengandung banyak sekali zat kimia yang tak baik untuk tubuh manusia. Wanita yang merokok rentan terkena kanker serviks 2 kali lebih besar dibandingkan wanita yang tidak merokok.

Selanjutnya faktor risiko kanker serviks datang dari infeksi klamidia. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa risikonya lebih tinggi pada wanita yang hasil tes darahnya menunjukkan bahwa ia pernah atau tengah memiliki salah satu infeksi penyakit menular seksual yakni klamidia. Faktor risiko Kanker Serviks yang berikutnya adalah imonusupresi. Pengobatan atau pun kondisi yang mana mempengaruhi sistem imun seperti misalnya HIV (Human Immunodeficiency virus), virus yang mana menyebabkan AIDS, dapat meningkatkan risiko kena infeksi HPV dan menjadi penyebab dari kanker serviks juga. Obesitas adalah faktor risiko dari penyebab kanker serviks juga. Mereka cenderung lebih mudah memiliki adenocarcinoma pada leher rahimnya. Penggunaan pil KB dalam jangka panjang juga bisa menaikkan risiko terkena kanker serviks.

Nah, demikianlah beberapa faktor risiko yang bisa menaikkan kemungkinan terkena infeksi virus HPV yang bisa jadi sebab Kanker Serviks pada wanita.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

seven − one =

×
Hallo