Fakta Seputar Vaksin HPV Dan Kanker Serviks

kanker serviks

Jika dalam waktu dekat ini Anda akan menikah, salah satu hal yang mungkin direkomendasikan oleh dokter adalah melakukan vaksinasi HPV (Human Papillomavirus).  Vaksin ini memang dianjurkan diberikan kepada wanita yang belum aktif secara seksual untuk mencegah kanker serviks. Lalu apa saja fakta-fakta yang harus Anda ketahui seputar vaksin HPV dan kanker serviks? Berikut jawabannya :

  1. Pada tahun 2014, WHO menyatakan terdapat lebih dari 92 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker. Sebesar 10,3 persennya merupakan jumlah kematian akibat kanker serviks. Sedangkan jumlah kasus baru kanker serviks berjumlah hampir 21 ribu.
  2. Sejak tahun 2000 hingga tahun 2012, semakin muda usia wanita yang terserang kanker serviks, yaitu kisaran usia 21-22 tahun di tahun 2000 dan mencapai usia di bawah 20 tahun pada tahun 2012.
  3. Gejala kanker serviks tidak selalu bisa terlihat dengan jelas, bahkan ada kemungkinan gejala tidak muncul sama sekali. Sering kali, kemunculan gejala terjadi saat kanker sudah memasuki stadium akhir.
  4. Virus HPV hidup pada sel-sel kulit dan memiliki lebih dari 100 jenis.
  5. Ada sekitar 60 jenis HPV penyebab kutil yang biasanya menginfeksi bagian-bagian tubuh seperti kaki dan tangan, sementara 40 lainnnya memicu munculnya kutil kelamin.
  6. Tidak semua HPV dapat menyebabkan kanker, namun ada beberapa jenis HPV yang berbahaya, seperti HPV 16 dan HPV 18 yang berpotensi besar memicu terjadinya kanker serviks.
  7. WHO (World Health Organisation) memperkirakan sekitar 70% kanker serviks disebabkan oleh HPV 16 dan HPV 18.
  8. Infeksi HPV pada wanita bisa menyebabkan pertumbuhan sel pada serviks yang abnormal. Pada sebagian wanita, gangguan tersebut kemudian dapat berkembang menjadi kanker serviks.
  9. Tidak hanya wanita, pria pun dapat memperoleh manfaat dari vaksin HPV. Bagi kaum pria, virus HPV juga dapat menyebabkan kutil kelamin, kanker anus serta kanker tenggorokan, selain dari kanker serviks.
  10. Langkah utama pencegahan infeksi HPV adalah vaksinasi. Cervarix, Gardasil, serta Gardasil 9 merupakan jenis-jenis vaksin HPV yang dapat membantu mencegah kutil kelamin serta kanker serviks. Vaksin ini umumnya dianjurkan bagi remaja perempuan dan dapat diberikan sejak usia 10 tahun.

Author Info

admin

No Comments

Post a Comment

eight − 1 =